Web Crawler Berfungsi untuk Mengindeks Website, Bantu Dengan 7 Cara!

Web Crawler merupakan sebuah tool untuk melakukan indexing pada semua konten yang tersedia di internet. Serta tersimpan pada database mesin pencarian. Web crawler berfungsi untuk mengikuti link atau tautan yang ada dalam website Anda.

Agar website bisa muncul di halaman pencarian, tentu saja harus terindex oleh google terlebih dahulu. Maka harus melakukan beberapa langkah untuk memperlancar proses crawling. Karena jika proses crawling lambat, crawler akan lebih memilih situs lain ketimbang situs Anda untuk berada di halaman pertama.

 

Cara Agar Web Crawler Mudah Merayapi Website

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar web crawler mudah merayapi website Anda. Antara lain :

 

1. Menggunakan Tag Hreflang

Yang menjadi definisi tag hreflang adalah atribut tag HTML yang fungsinya menginformasikan pada search engine hubungan antar halaman pada berbagai bahasa di sebuah website. Google menggunakan tag hreflang ini untuk melakukan analisis terhadap halaman lokal.

Jadi pastikan website Anda menggunakan tag hreflang ini. Terletak pada header halaman sebuah website serta mendukung kode bahasa lang_code.

 

2. Perbaharui Sitemap

Seperti namanya, sitemap adalah sebuah file yang berisi daftar semua halaman penting dari sebuah website. Dengan sitemap, mesin crawler google akan lebih mudah untuk meraih dan menjelajahi halaman-halaman yang ada di dalam sebuah website.

Lalu apa fungsi pembaharuan sitemap? Dengan selalu memperbaharui sitemap maka proses indexing halaman website menjadi lebih cepat. Selain itu visibilitas website akan semakin meningkat. Pada akhirnya dapat meningkatkan traffic karena visitor lebih mudah menemukan website.

 

3. Merawat Parameter URL

Ada satu fakta yang tidak semua webmaster mengetahui. Bahwa crawler akan menandai URL dengan parameter sebagai halaman yang baru dan terpisah. Maka dari itu perlu untuk mengatasi  parameter URL* yang terpasang di website Anda.

Tujuannya untuk menghindari konten yang terduplikat. Serta membuat crawling google jadi lebih efektif dan cepat. Yang pada akhirnya semua halaman penting pada website dapat terindeks.

 

4. Menggunakan HTML

Memang tidak ada yang bisa memungkiri bahwa performa crawler lebih baik saat melakukan indexing di JavaScript. Namun tidak semua search engine menggunakan Javascript. Masih ada mesin pencari lain yang tidak menggunakan Javascript.

Inilah alasan mengapa Anda masih memerlukan HTML. Agar masih tetap bisa melakukan proses crawling dengan baik.

 

 

5. Hindari Kesalahan HTTP yang Mempengaruhi Crawler

Web crawler berfungsi untuk mengindeks semua laman yang ada di internet. Maka dari itu, perbaiki jika ada masalah 404 atau 410 pada laman website.

Karena itu akan mengganggu proses indexing dan menyulitkan crawler untuk melakukan tugasnya dengan baik. Sehingga lebih memilih website lain yang tidak ada masalah pada halamannya.

 

6. Memperhatikan Redirect Code

Terkadang webmaster perlu membenahi ataupun memperbaharui satu atau beberapa halaman. Agar tidak membingungkan pengunjung dan bot crawler mesin pencari, maka perlu menggunakan redirect code.

Banyak website biasa memakai kode redirect 301 atau 302 untuk memberitahu visitor dan web crawler adanya pemindahan halaman. Namun webmaster perlu memperhatikan halaman tujuan pengalihannya. Jika tidak hati-hati bisa memunculkan masalah redirect chain** atau pengalihan bertumpuk. Masalah ini dapat meningkatkan bounce rate hingga menghentikan perayapan web crawler.

7. Menggunakan Robots.txt agar Laman Penting Dapat Di-crawl

Fungsi penggunaan robot.txt adalah agar proses crawling menjadi lebih mudah. Inilah alasan mengapa Anda perlu menambahkan robot.txt pada beberapa tool pilihan. Termasuk tool web crawler yang ada pada website Anda.

Dengan robot.txt ini juga, Anda bisa memilih. Laman mana saja yang tertutup untuk crawler atau tidak boleh terindex. Dan laman mana saja yang boleh terindex. Untuk menjaga privasi website.

Itulah 7 cara untuk membantu web crawler agar bekerja lebih optimal. Karena web crawler berfungsi untuk mengindex website dan halaman. Maka bagi pengelola situs yang sedang menerapkan SEO perlu untuk membantu memudahkan kerja bot mesin pencarian ini.

Leave a Reply