Edit Google Bisnisku Untuk SEO Lokal, Begini Langkah Mudahnya

Sebagian besar pelanggan menggunakan riset online untuk menemukan toko fisik terdekat. Inilah mengapa SEO lokal menjadi sangat penting untuk mendapatkan konversi yang lebih baik. Salah satu caranya adalah dengan edit Google Bisnisku.

Fitur Google Bisnisku bisa Anda jadikan pilihan terbaik untuk menarik konsumen lokal. Terutama jika Anda memiliki toko fisik. Google Bisnisku menggunakan strategi google maps. Untuk menuntun audiens menemukan toko fisik Anda saat mereka mengetikkan kata kunci di search engine.

 

Langkah Edit Google Bisnisku

Hanya sekedar memiliki akun Google My Business saja tidak mampu meningkatkan traffic dan page rank website Anda. Ada beberapa langkah edit google bisnisku agar optimasi SEO lokal menggunakan fitur ini menghasilkan konversi yang maksimal :

 

1. Melengkapi Profil

Perlu diketahui bahwa tujuan utama membuat akun Google Bisnisku adalah untuk menggaet target market lokal. Untuk itu Anda perlu menuliskan profil bisnis selengkap mungkin. Tujuannya adalah untuk menarik perhatian audiens, meningkatkan traffic, ranking, dan omset bisnis.

Seperti nama bisnis, deskripsi bisnis, ulasan, alamat lengkap, nomor telepon, URL website, kategori bisnis atau industri, lokasi yang bisa Anda layani, jam buka tutup, macam produk dan layanan, foto, dan informasi lain sesuai bisnis yang Anda jalankan.

2. Memperbanyak Ulasan dan Testimoni Pelanggan

Crawler Google sangat menyukai akun bisnis dengan banyak interaktif di dalamnya. Seperti pemberian bintang dan ulasan oleh pelanggan. Semakin banyak yang berinteraksi di dalamnya, maka semakin tinggi traffic yang akan turut meningkatkan ranking SEO lokal.

Cobalah untuk selalu mendorong agar pelanggan mau memberikan ulasannya. Selain mampu meningkatkan ranking, ulasan juga akan membantu audiens memahami bisnis Anda. Lalu memutuskan apakah akan mengunjungi toko, menggunakan layanan atau tidak.

Meski ulasan dan testimoni sangat penting, tapi jangan terburu-buru untuk memintanya langsung dari pelanggan setelah pembelian pertama. Biarkan mereka merasakan manfaat lebih lama dulu. Lalu menuliskan ulasan real testimoni tanpa ada kesan paksaan.

3. Membangun Tautan Lokal

Membangun tautan lokal sangat penting untuk meningkatkan ranking dengan SEO lokal. Caranya adalah memanfaatkan hubungan bisnis lokal di sekitar Anda. Menulis ulasan pada Google My Business mereka dengan menambahkan link bisnis Anda.

Misalkan Anda membuka bisnis resto di sekitar lokasi pinggiran kota. Di dekat lokasi tersebut ada sebuah distro yang menjual fashion remaja. Tidak ada salahnya menulis ulasan di sana dengan mengikutsertakan link bisnis resto Anda.

“Entah berapa kali beli baju di sini. Tapi nggak pernah kecewa. Selalu balik lagi dan lagi. Puas belanja, perut mulai keroncong, cus, langsung aja mampir ke Resto Monggo Mampir, selera bintang lima harga kaki lima (tautan bisnis)”

Anda bisa menawarkan memberikan testimoni pada bisnis lain dengan imbalan titip link bisnis Anda pada ulasan tersebut.

 

4. Memerangi SPAM

Apapun bisnisnya, persaingan akan selalu ada. Termasuk juga persaingan tidak sehat pada SEO lokal. Sebagian cara yang sering pesaing gunakan adalah menambah akun palsu  untuk menghambat jalan Anda menuju ranking pertama pada SEO lokal.

Jika Anda berhasil menghapus akun palsu tersebut, Anda akan langsung bisa meraih peringkat satu tanpa banyak melakukan optimasi yang rumit. Cara untuk melihat apakah akun tersebut palsu atau tidak bisa dilihat dari alamat bisnisnya dan tidak ada tautan website resminya.

Anda bisa menghapusnya dengan klik opsi sarankan edit, pilih tutup atau hapus.

 

Itulah cara edit google bisnisku untuk meningkatkan SEO lokal. Meski sekilas nampak sederhana, namun nyatanya cara ini cukup ampuh bagi Anda yang memiliki toko fisik untuk meningkatkan kunjungannya.

Leave a Reply