Konten Instagram yang Menarik Bisa dibuat dengan 5 Cara Ini

Instagram memiliki kekuatan visualisasi berupa gambar atau video yang menarik. Sehingga banyak yang memanfaatkannya sebagai platform digital marketing yang efektif. Tapi sebaik apapun instagram memberikan peranannya sebagai media pemasaran internet, itu tergantung dari bagaimana cara Anda membuat konten Instagram yang menarik.

Cara Membuat Konten Instagram yang Menarik 

Konten instagram yang menarik mampu mendatangkan leads lebih banyak. Sehingga mampu memberikan konversi yang maksimal untuk bisnis. Berikut beberapa tips bagaimana langkah membuat konten instagram dengan kekuatan marketing yang maksimal :

1. Menentukan Audiens 

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah menentukan audiens. Dengan mengetahui siapa target audiens, Anda bisa membuat konten sesuai dengan target audiens.

Misalkan sebuah toko menjual produk perlengkapan dapur. Target audiensnya tentu saja ibu rumah tangga atau remaja perempuan yang hobi memasak. Rata-rata, ibu rumah tangga atau remaja putri menyukai konten video pendek seperti resep-resep masakan atau konten seputar tips berberes rumah.

Berawal dari pengetahuan inilah. Anda bisa membuat content plan berupa berbagai resep masakan sehari-hari, resep masakan ala resto, resep cemilan yang bisa dijual untuk mendapatkan penghasilan tambahan, atau konten lain yang berhubungan dengan ibu rumah tangga dan remaja putri.

2. Membuat Konten dengan Ciri Khas Brand 

Sudah menemukan ide untuk membuat konten apa? Baik. Langsung ke tahap berikutnya. Yaitu membuat konten dengan ciri khas brand. Masih dengan contoh produk yang sama. Yaitu produk penjualan berbagai perlengkapan memasak.

Anda bisa membuat konten dengan ciri khas brand yang menonjolkan kelebihan produk melampaui produk dari brand pesaing. Contohnya dengan menonjolkan alat masak anti lengket. Dengan membuat tutorial masak yang memperlihatkan hasil olahan masakan yang sempurna karena menggunakan alat masak anti lengket dan mudah untuk membersihkannya.

3. Mengatur Panjang Caption

Tidak hanya mengandalkan kekuatan visualisasi gambar atau video saja. Anda juga bisa menambahkan caption untuk memperkuat informasi yang ingin disampaikan. Tidak hanya itu saja. Caption juga bisa memancing followers untuk berkomentar pada kolom komentar.

Ada tips menarik terkait caption. Buatlah caption dengan panjang yang sesuai. Tidak terlalu panjang, tapi juga tidak terlalu pendek. Jika terlalu panjang, audiens cenderung mengabaikan karena malas membaca. Tapi jika terlalu pendek, dikhawatirkan tidak semua informasi bisa ditampilkan dengan jelas.

Jadi bagaimana caranya? Yaitu caption dengan bahasa yang singkat, padat, dan jelas.

4. Menggunakan Hashtag 

Hashtag tidak hanya sebatas cara untuk mempercantik tampilan instagram. Tapi juga membantu mempermudah audiens untuk menemukan konten yang telah Anda buat. Memperluas jangkauan promosi di luar daftar followers yang ada pada instagram bisnis Anda.

Anda bisa membuat berbagai ragam hashtag sesuai dengan konten. Atau yang relevan dengan produk yang dipromosikan. Sayangnya, Instagram hanya membatasi maksimal 30 hastag dalam satu kali postingan. Jadi pastikan menggunakan hastag yang paling sesuai untuk postingan, reels atau story marketing Anda.

5. Berinteraksi dengan Audiens 

Berinteraksi dengan audiens dalam kolam komentar tidak hanya mempu meningkatkan engagement saja. Tapi juga membantu postingan menjangkau lebih banyak orang. Maka dari itu, sering-seringlah membalas komentar dari para followers.

Anda bisa membuat konten yang menarik audiens untuk berkomentar. Seperti membuat kuis, pertanyaan seputar pendapat, atau konten sejenis yang memancing audiens untuk berkomentar.

Bagaimana? Ternyata membuat konten instagram yang menarik bukan hal yang sulit, bukan? Anda bisa mencoba mempraktikkannya untuk menambah followers yang kaya konversi.

Leave a Reply