Ide Konten Memang Cukup Sulit, Ini 5 Cara Menemukannya

Konten memiliki peranan yang penting bagi digital marketing. Selain mendatangkan leads, konten juga bisa meningkatkan branding dan citra bagi perusahaan itu sendiri. Namun sayangnya, menemukan ide konten yang menarik, orisinil, dan berpeluang viral bukanlah hal yang mudah.

Tapi tidak mudah bukan berarti tidak bisa. Anda tetap bisa membuat konten yang terarah untuk bisa meningkatkan traffic dan konversi penjualan. Lalu bagaimana cara mendapat ide konten yang baik, Anda bisa menemukan selengkapnya pada artikel ini.

Cara Mencari Ide Konten yang Menarik 

Tidak harus melakukan semedi 7 hari 7 malam agar mendapat inspirasi ide untuk content yang baik. Cukup lakukan beberapa cara berikut ini :

1. Mengetahui Minat Audiens 

Jika Anda mengelola akun sosial media sebuah brand bisnis, ketahuilah tentang satu hal. Alasan followers mengikuti akun Anda adalah karena sering menemukan content edukatif yang relate dengan kehidupan mereka. Misalkan sebuah brand jasa keuangan. Followers tertarik dengan konten edukasi tentang pengaturan keuangan yang Anda berikan.

Ini berarti minat audiens atau followers adalah seputar edukasi masalah keuangan. Anda bisa berangkat dari sini. Carilah ide-ide konten yang berhubungan dengan manajemen keuangan dan kembangkan dengan baik. Seperti cara mengatur keuangan keluarga, manajemen keuangan bisnis UMKM, dan lain sebagainya.

2. Mengikuti Topik yang Sedang Viral 

Cara lain yang bisa Anda gunakan adalah mengikuti tren yang sedang viral atau isu yang sedang hangat dibahas. Masih dengan contoh yang sama terkait brand jasa keuangan. Anda bisa membuat konten prediksi resesi di tahun 2023. Apakah memang akan terjadi atau tidak.

Baik prediksinya akan terjadi atau tidak, pastikan diikuti dengan fakta pendukung dan argumentasi yang cerdas. Tujuannya adalah agar memancing audiens berdiskusi di kolom komentar dan membagikannya di akun sosmed mereka.

Tapi tetap berhati-hati. Tidak semua yang viral bisa Anda jadikan content. Hindari tema-tema yang berkaitan dengan SARA. Karena akan memberi dampak yang negatif terhadap brand Anda.

3. Bergabung Dengan Komunitas 

Masih belum menemukan ide yang tepat untuk konten? Baik. Masih ada cara lainnya. Yaitu dengan bergabung bersama komunitas yang relevan dengan niche sosial media Anda. Jika mengembangkan brand jasa keuangan, cobalah bergabung dengan komunitas pegiat ekonomi syariah baik secara online maupun offline.

Di dalam komunitas biasanya diadakan diskusi secara berkala dengan berbagai tema yang random. Dari berbagai diskusi inilah Anda bisa mendapatkan ide membuat konten yang relevan. Misalkan tips mencari pembiayaan syariah dengan harga yang terjangkau.

4. Memperhatikan Berbagai Peristiwa di Sekitar 

Misalkan peristiwa tentang bencana alam. Anda bisa membuat content bagaimana cara membangkitkan ekonomi keluarga pasca terkena bencana. Atau cara mengamankan aset agar tidak ludes terkena bencana alam.

Konten-konten yang yang berkaitan dengan berbagai peristiwa yang terjadi dan relevan dengan brand biasanya lebih mudah mendapat perhatian dari audiens. Membuat mereka tertarik untuk membagikannya di akun sosmed masing-masing.

5. Memanfaatkan Momentum Hari Khusus 

Konten dengan memanfaatkan momentum hari khusus memang bukan hal yang baru lagi. Anda juga bisa memanfaatkan ini sebagai ide konten yang menarik. Misalkan mengucapkan selamat hari ibu sambil membuat konten ide mengenai ide usaha bagi ibu rumah tangga profit tinggi.

Atau bagaimana cara menjadi ibu yang produktif tanpa meninggalkan peran utama seorang ibu.

Bagaimana? Ternyata mencari ide konten bukan hal yang sulit, bukan? Anda bisa mencoba beberapa hal di atas untuk meningkatkan traffic dan konversi pada sosial media.

Leave a Reply