Guest Post Adalah Seni Pada SEO, Ini 6 Langkah Mudahnya

Guest post atau guest blogging adalah langkah SEO off page yang cukup ampuh menaikkan traffic dan ranking. Dengan catatan, cara melakukannya dengan strategi yang baik.

Salah satu kegagalan yang seringnya para blogger alami saat melakukan guest blogging adalah tanpa perencanaan sama sekali. Hanya membuang waktu dan tenaga tanpa memberi efek apapun pada blog atau website.

 

Aturan Main Guest Post

Perlu untuk Anda ketahui bahwa guest blogging termasuk seni di dunia internet. Maka dari itu jangan melakukannya secara sembarangan. Ada beberapa aturan main dalam guest post yang harus Anda ikuti agar aktifitas ini memberi dampak positif dan signifikan pada website.

 

1. Kirim Tulisan di Situs Populer

Semakin populer sebuah situs, maka semakin banyak yang membaca tulisan Anda. Dan semakin banyak pula yang akan mengunjungi website melalui link yang Anda letakkan pada artikel tersebut. Maka dari itu, jangan asal memilih situs. Pilihlah situs yang populer.

Cara mengetahui apakah situs tersebut populer atau tidak, bisa bertanya langsung kepada pemiliknya. Tentang page rank, alexa rank* dan trafficnya. Jangan lupa melihat banyaknya komentar yang ada pada blog. Semakin banyak komentarnya, maka bisa menjadi kesimpulan bahwa website tersebut populer.

 

2. Baca dan Taati Petunjuk Peraturannya

Sebelum melakukan guest blogging, sebaiknya tanyakan kepada pemilik blog. Apakah menerima penulis tamu atau tidak. Karena tidak semua blogger menerima penulis tamu untuk menulis artikel di websitenya.

Jika misal memang menerima, tanyakan juga. Apa saja aturan yang Meraka terapkan sebagai pemilik blog. Tujuannya agar tidak ada penolakan mereka. Aturan itu biasanya terletak pada halaman tersendiri. Namun jika Anda tidak menemukannya, bisa bertanya langsung melalui email contact person lainnya.

 

3. Buatlah Konten Terbaik Anda

Meski menulis di blog orang lain, bukan berarti Anda memberikan konten asal-asalan. Tetap berikan konten terbaik sesuai kemampuan Anda. Tulislah dengan bahasa yang orang umum mudah memahaminya. Karena ketika ada yang membaca tulisan itu, mereka akan lebih menghargai penulisnya daripada pemilik blognya.

Lagi pula, ketika visitors tertarik dengan artikel yang Anda tulis, visitors juga akan tertarik untuk membuka link yang ada di dalamnya. Bukankah ini juga akan memberi keuntungan pada blog Anda** sendiri? Akan lebih banyak lagi yang berkunjung karena merasa penasaran ingin membaca tulisan yang Anda hasilkan.

 

4. Jalin Hubungan yang Baik dengan Pemilik Blog

Perlu Anda ketahui bahwa melakukan guest blogging tidak boleh hanya sekali waktu saja. Tapi berkali-kali dengan tema dan judul tulisan yang berbeda. Maka dari itu, jalin hubungan yang baik dengan pemilik blog. Jadikan mereka teman di sosial media. Berikan kepercayaan bahwa Anda layak untuk menjadi rekan yang menguntungkan.

Tujuannya agar jika sewaktu-waktu Anda membutuhkan guest blogging lagi, pemilik blog tersebut akan senang hati membuka pintu. Menerima tulisan Anda untuk menjadi konten di blognya.

 

5. Buat Jadwal Tamu Blogging

Saat hubungan itu telah terjalin dengan baik, langsung buat jadwal tamu blogging. Minta izin pada pemilik blog untuk mengizinkan Anda menulis di blognya secara berkala. Misalnya sebulan sekali atau sesuai dengan kebutuhan. Cara ini akan mempercepat pertumbuhan dan perkembangan blog yang Anda kelola.

 

6. Jangan Hanya di Satu Blog Saja

Jangan hanya mengandalkan guest blogging pada satu blog saja. Tapi juga beberapa blog lainnya dengan niche yang relevan. Agar lebih banyak lagi pengunjung dan pembaca yang akan tertarik dan mengunjungi blog Anda melalui tautan yang ada di dalamnya.

Bagaimana? Ternyata guest post atau guest blogging tidak sulit, bukan? Setelah mengetahui tips di atas, waktunya Anda bergerilya mencari blog yang relevan dengan niche dan tema website yang Anda miliki.

Leave a Reply