Desain Konten Instagram Dengan Envato Element

Instagram tidak hanya sebatas untuk alat eksis atau upload foto aja. Tapi juga bisa digunakan sebagai cara branding yang efektif. Baik untuk personal branding atau lainnya. Tentu saja untuk melakukannya perlu membuat desain konten instagram yang baik.

Sebagai sarana branding yang optimal, feed instagram akan mempengaruhi bagaimana pandangan audiens terhadap bisnis yang Anda jalankan. Oleh sebab itu, membuat desain konten tidak hanya dilihat dari sisi estetika dan komunikatif saja. Namun juga keaslian konten.

 

Cara Membuat Desain Instagram Lebih Menarik

Ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian dalam membuat desain konten instagram agar terlihat menarik. Berikut beberapa tips sederhana membuat desain konten instagram untuk menarik lebih banyak lagi followers :

 

1. Menentukan Tema Instagram

Sebelum memposting banyak foto, sebaiknya tentukan dulu tema feed instagram. Sesuaikan dengan produk atau layanan yang akan Anda jual. Misalkan akan menjual produk fashion untuk remaja. Berarti tema feed instagram seputar fashion dan dunia remaja.

Atau misalkan ingin menawarkan layanan bengkel mobil. Tentukan tema yang berhubungan dengan bengkel, mobil, atau dunia otomotif lainnya. Dengan tema yang sesuai akan mempermudah followers untuk mengenali sosial media marketing Anda.

 

 2. Menentukan Grid Layout

Selain menggunakan foto dengan tampilan yang cantik, sisi aestetik instagram juga bisa terbantu melalui grid layout. Ini adalah cara agar Anda tetap bisa konsisten membangun postingan Instagram menjadi lebih enak dilihat.

Anda bisa menggunakan tiles feed jika ingin membuat postingan selang-seling. Seperti selingan gambar dan quotes. Tapi jika ingin membuat postingan dengan gambar menyambung, pastikan menggunakan grid layout puzzle feed.

Beda halnya jika ingin mengupload tiga gambar dengan tema sama dalam baris horizontal. Anda bisa menggunakan grid layout horizontal line. Dan jika ingin membuat postingan dengan foto yang memiliki border sama, bisa memanfaatkan grid layout border.

 

3. Gunakan Foto dengan Resolusi yang Baik

Keindahan foto adalah kunci menariknya feed instagram. Jangan lupa gunakan foto dengan resolusi terbaik. Caranya adalah mengambil foto dengan menggunakan kamera DSLR atau mirrorless.

Tapi bagi Anda yang tidak memiliki kamera seperti ini, tidak masalah. Bisa menggunakan kamera smartphone yang memiliki resolusi baik. Sekarang banyak smartphone yang dilengkapi dengan kamera resolusi tinggi.

Selain menggunakan perangkat kamera yang baik, jangan lupa mengaktifkan settingan untuk mengunggah gambar dengan resolusi HD. Dengan cara mengaktifkan unggahan kualitas tinggi pada settingan Instagram.

 

 4. Gunakan Warna yang Konsisten

Beberapa perusahaan besar menggunakan warna yang sama untuk semua yang berhubungan dengan brandnya. Misalkan salah satu perusahaan kartu provider yang menggunakan warna merah. Semua kampanye iklan dan warna feed instagramnya juga menggunakan warna merah.

Warna yang konsisten ini tidak hanya akan mempermudah followers mengenali dan mengingat brand Anda. Tapi juga akan turut membangun brand awareness perusahaan.

Misalkan Anda menggunakan warna ungu. Pastikan selalu ada aksen warna ungu pada setiap postingan. Agar warna ungunya sama, bisa mengeditnya dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga.

 

5. Mengatur Tata Letak Foto

Asal posting tanpa memperhatikan tata letak foto hanya akan membuat feed instagram terlihat berantakan. Hal ini tidak boleh terjadi pada instagram marketing. Karena akan membuat audiens merasa bosan.

Tentunya Anda bisa membuat desain konten instagram dengan tata letak foto yang baik. Foto mana yang tidak boleh saling bersandingan. Dan foto mana yang harus bersandingan. Konten kreator biasanya akan memahami bagaimana mengatur tata letak foto yang baik.

 

6. Menggunakan Foto Orisinil

Feed instagram tidak harus selalu menggunakan foto buatan sendiri. Ada kalanya menggunakan foto atau template untuk sekedar membuat quotes atau cerita-cerita singkat. Dan cara yang paling sering digunakan adalah dengan mendownload foto dari internet.

Desain konten instagram seperti ini memang tidak salah. Anda hanya memastikan menggunakan gambar bebas pakai. Atau gambar yang tidak ada lisensinya.

Menggunakan gambar bebas pakai tidak hanya menghindarkan Anda dari tindakan melanggar hukum. Tapi juga memberi kepercayaan pada audiens bahwa konten pada instagram memang orisinil. Bukan hasil jiplak atau asal nyongkel konten orang lain.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghindari mengambil gambar yang berlisensi. Seperti mengambil gambar dari website penyedia gambar gratis. Atau bisa juga menjadi member situs mikrostock.

Situs mikrostock adalah website tempat jual beli produk digital khusus visualisasi seperti video, gambar, foto, dan lain sebagainya. Di sini member bisa berlangganan dengan membayar nominal tertentu. Untuk bisa mengakses dan mendownload produk digital yang ada di dalamnya.

Ini bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan foto atau template yang tidak pasaran, unik, dan tidak melanggar lisensi. Membuat feed instagram terlihat unik, menarik, dan tidak pasaran.

 

Penyempurnaan Konten  dengan Envato Element

 

Ada banyak situs mikrostock yang tersedia di internet. Namun hanya satu yang paling direkomendasikan oleh konten kreator. Yaitu Envato Elements.

Kelebihan Envato Elements dibandingkan dengan situs mikrostock lainnya adalah didukung oleh kontributor digital terbaik di dunia. Selain itu, member bebas mengunduh produk digital yang ada di dalamnya secara unlimited selama masa aktif berlangganan.

Selain itu, ada banyak kelebihan lain Envato Elements untuk desain konten Instagram. Seperti :

 

1. Aman dan Terpercaya

Tidak perlu ragu menggunakan jasa produk digital dari Envato Elements. Karena semua produknya terpercaya dan berlisensi. Sehingga Anda tidak perlu takut terkena pelanggaran hak cipta.

 

2. Harga Murah dan Banyak Promonya

Meski menyediakan produk berkualitas, nyatanya Envato Elements tidak dibandrol dengan harga yang mahal  Semua member bisa menikmati layanan dengan paket harian atau mingguan dengan harga yang sangat terjangkau.o lusi bagi Anda yang ingin membuat konten berkualitas untuk bisnis yang lebih kredibel.

 

 3. Adanya Garansi

Meski hanya sebatas produk digital, namun Envato Elements juga menyediakan garansi purna jual. Garansi ini akan memberikan keamanan dan kenyamanan bagi member-membernya.

 

 4. Banyak Pilihan Cara Pembayaran

Kelebihan ini yang tidak ada pada situs mikrostock lainnya. Yaitu kemudahan pembayaran dengan menggunakan banyak cara. Bisa dengan transfer bank, menggunakan e-money seperti Ovo, Gopay, dan kartu kredit. Bahkan disediakan juga pembayaran dengan menggunakan pulsa.

Banyaknya pilihan pembayaran ini akan mempermudah siapapun. Sehingga tidak perlu mengeluarkan banyak biaya administrasi karena beda platform dan cara pembayaran.

 

5. Ada Tema WordPress

Bagi Anda yang sering kebingungan mencari tema WordPress, ada banyak tema yang bisa ditemukan di sini. Member bisa mendownload secara gratis dengan berlangganan tahunan atau bulanan.

Bonus ini akan membantu mengembangkan situs website yang berbasis wordpress. Untuk mendapatkan tampilan yang lebih berkelas.

Bagaimana? Tertarik menggunakan Envato Elements? Dengan menjadi member di situs mikrostock yang satu ini, Anda tidak perlu lagi pusing membuat dan memikirkan desain konten instagram harian. Cukup berlangganan, maka Anda bebas menggunakan semua produk digital anti pasaran dengan harga yang sangat terjangkau.

Leave a Reply