Cara Meningkatkan SEO Website dengan 9 Langkah Mudah

Bicara masalah digital marketing tidak lengkap tanpa membahas cara meningkatkan SEO website. Ini merupakan langkah yang sangat penting jika ingin audiens lebih mudah menemukan website Anda. Semakin mudah mereka menemukannya, semakin tinggi pula peningkatan omset bisnis yang akan Anda dapatkan.

 

Pengertian SEO

SEO atau search engine optimization adalah cara optimasi untuk menempatkan website pada halaman pertama pencarian dengan kata kunci tertentu. Memiliki website yang berada di halaman pertama search engine seperti memiliki toko di lokasi yang strategis. Sehingga lebih mudah bagi pelanggan maupun calon pembeli untuk menemukannya.

Tidak hanya itu saja. Dengan optimasi yang baik, juga akan semakin banyak yang mengenal brand Anda. Sehingga mampu meningkatkan brand awareness dan perkembangan bisnis yang lebih baik lagi.

 

Berbagai Cara Meningkatkan SEO Website

Banyak yang mengatakan bahwa SEO itu rumit. Tapi itu tidak sepenuhnya benar. Karena dengan 9 cara meningkatkan SEO website ini, Anda bisa lebih mudah meningkatkan penjualan dengan menguasai halaman pertama mesin pencarian.

 

1. Riset Kata Kunci

Melakukan riset kata kunci adalah hal pertama yang harus Anda lakukan. Tujuannya adalah untuk mendapatkan lebih banyak pengunjung melalui traffic organik.

Pengunjung google selalu mengetikkan kata kunci untuk mencari informasi yang mereka inginkan. Dengan mencari kata kunci yang paling tinggi tingkat pencariannya di google sesuai dengan niche website, kesempatan untuk berada di halaman pertama akan lebih mudah.

Pencarian keyword atau kata kunci ini tidak hanya bermodalkan feeling atau kira-kira saja. Tapi menggunakan tool riset keyword baik yang versi gratis maupun berbayar. Seperti Google Keyword Planner, Ubersuggest, Keyword Tool, Keyword Eye, Ahrefs, Semrush, dan lain sebagainya.

Keyword yang baik adalah yang memiliki volume pencarian yang tinggi dan tingkat persaingan yang rendah. Artinya, banyak audiens yang mencari kata kunci ini namun sedikit website membahasnya dalam artikel konten mereka.

Ingin tahu lebih lanjut bagaimana memilih kata kunci? Silakan simak panduan kami.

 

2. Pembuatan Artikel

Setelah menemukan kata kunci yang tepat, gunakan keyword tersebut untuk membuat artikel. Tulis artikel sesuai dengan kata kunci dan niche website.

Artikel yang baik adalah artikel dengan bahasa yang lengkap, mudah memahaminya dan komunikatif. Sehingga bisa memberikan solusi terkait permasalahan yang audiens hadapi.

Karena pada dasarnya, tujuan audiens mencari informasi dengan mengetikkan kata kunci di google adalah mencari artikel. Sebagai solusi atas masalah yang mereka hadapi.

Untuk mengetahui lebih lanjut cara membuat artikel konten berkualitas, Anda bisa simak artikel kami yang membahas soal ini.

 

3. SEO On Page

Cara meningkatkan SEO website selanjutnya adalah dengan mengoptimalkan SEO on page. SEO on page sering juga disebut dengan SEO on site. Yaitu optimasi yang penerapannya dari dalam website.

Tujuannya adalah membantu robot indexing memahami website sekaligus konten-kontennya. Lalu menganalisis dan melakukan identifikasi apakah website dan kontennya memang relevan dengan apa yang menjadi tujuan pengunjung atau tidak.

Caranya tentu saja dengan mempublikasikan artikel konten yang berkualitas. Memastikan bahwa konten memang terpercaya, berotoritas dan menunjukkan keahlian yang tinggi. Dengan memaksimalkan gambar, tag judul, URL, internal link dan konten.

Lebih lanjut tentang SEO On page, Anda bisa simak pembahasan rincinya di sini.

 

4. SEO Off Page

Meski tujuannya sama, namun cara SEO off page berbeda dengan SEO on page. Kalau on page melakukan optimasi dari dalam website. Sedangkan off page melakukannya dari luar website. Dengan cara mencari backlink dan mempromosikan website di media sosial.

Selain mampu mendukung optimasi, SEO off page juga memberikan manfaat lain. Yaitu website jadi lebih mudah terkenal. Karena website tidak hanya bisa ketemu lewat pencarian di google saja. Tapi juga di tempat lain seperti pada website lain dan sosial media marketing.

Silakan simak pembahasan lengkapnya pada artikel kami ini

 

5. Teknikal SEO

Selain menggunakan SEO on page dan off page, juga perlu menerapkan teknikal SEO. Yaitu cara meningkatkan SEO website dengan menggunakan berbagai aspek teknis dalam sebuah situs. Untuk meningkatkan ranking dan traffic website.

Lalu apa bedanya dengan SEO on page? Kalau on page langsung berhubungan dengan kata kunci, sedangkan teknikal SEO tidak berhubungan dengan keyword. Melainkan dengan aspek lainnya.

Seperti kecepatan loading website, memastikan website bisa dirayapi crawler, desain website menarik, navigasi yang mudah, dan lain sebagainya.

Teknik ini sangat penting untuk membantu meningkatkan ranking website. Simak panduan kami di artikel berikut.

 

6. Menghubungkan dengan Google Bisnisku

Google My Business atau Google Bisnisku adalah strategi SEO lokal dengan menggunakan marketing map. Yang menjadi definisi SEO lokal adalah teknik optimasi untuk meningkatkan visibilitas website pada pencarian lokal. Seperti menambahkan lokasi tertentu pada kata kunci.

Misalnya ada audiens yang mencari konveksi sekitar Jakarta dengan mengetikkan kata kunci “jasa konveksi Jakarta”. Secara otomatis, algoritma google akan memberikan jawaban pada pengguna dengan memunculkan hasil lokasi terdekat lewat google maps.

Google Bisnisku merupakan fitur gratis google untuk menampilkan bisnis dengan target market lokal. Menghubungkan website dengan fitur Google Bisnisku adalah cara meningkatkan SEO website pada pencarian lokal.

Untuk mengetahui langkah-langkah menerapkannya, Anda bisa menyimak artikel berikut.

 

7. Desain Website yang Mudah dan Menarik

Perlu diketahui bahwa desain website yang unik, menarik, mudah dan ringan sangat mempengaruhi apakah visitor betah berlama-lama mengeksplorasi website atau tidak.

Website ibarat toko dengan banyak etalase dan ruangan yang saling terintegrasi. Dengan navigasi yang mudah, pengunjung akan betah untuk pindah dari satu halaman ke halaman lainnya.

Tak hanya itu saja. Desain website yang dengan template dan warna yang menarik sesuai niche juga akan membuat visitors betah berlama-lama di dalamnya. Sehingga yang awalnya hanya sebatas mencari informasi saja, akhirnya memutuskan untuk membeli produk yang Anda jual.

Jadi pastikan mendesain website dengan desain yang ringan, unik, menarik, kekinian dan sesuai produk atau layanan yang Anda tawarkan. Banyak-banyaklah mencari referensi dari website lainnya.

Lalu pertanyaannya, desain bagian website mana saja yang butuh penataan ulang? Kulik selengkapnya pada panduan kami berikut ini.

8. Loading Website yang Cepat

Meski loading website bukan termasuk komponen utama SEO, namun loading yang lambat akan menghambat jalannya optimasi. Kenapa? Karena tidak ada toleransi dari visitors untuk website yang loadingnya lama. Apalagi kalau sampai lebih dari 10 detik.

Alih-alih akan menunggu, mereka justru akan keluar dan mencari link lainnya. Meski link website tersebut memang sesuai dengan yang mereka inginkan. Dan kabar buruknya lagi, visitors akan selalu mengingat nama domain dengan loading website yang lama. Memastikan untuk tidak mengunjunginya lagi.

Tentu ini akan merugikan Anda. Traffic akan turun drastis yang menyebabkan penurunan ranking juga. Agar ini tidak terjadi, pastikan loading website tidak lebih dari 3 detik.

Bagaimana cara mengukurnya, perlu membenahi apa saja, dan bagaimana langkah-langkahnya? Semua bisa Anda pelajari di sini!

 

9. Mengurangi Bounce Rate

Dan ini adalah cara meningkatkan SEO website yang terakhir. Secara sederhana, yang dimaksud dengan bounce rate adalah persentase visitors yang mengunjungi satu halaman saja, lalu keluar tanpa mengunjungi halaman lain atau berinteraksi di dalam website tersebut.

Semakin tinggi bounce rate, maka ranking website akan semakin turun. Sebab robot indexing akan menganggap bahwa situs Anda tidak bermanfaat bagi visitors.

Selain mempublish artikel yang berkualitas, Anda juga bisa menambahkan internal link di dalamnya. Agar pengunjung tertarik untuk mengunjungi halaman lain menggunakan link internal yang ada pada halaman artikel.

Ada banyak cara menangani bounce rate ini. Anda bisa mendapatkan beberapa di antaranya pada artikel berikut.

Itulah 9 cara meningkatkan SEO website dengan mudah dan cepat. Meski tergolong mudah dan cepat, namun bukan berarti instan. Karena hasil baru bisa dilihat setelah 3 hingga 6 bulan dengan mempublish minimal satu artikel secara konsisten tiap harinya.

Leave a Reply