Cara Membuat Konten TikTok yang Emosional, Ini 5 Langkahnya

Usia TikTok memang tidak selama Facebook, Instagram, atau Twitter. Tapi sosial media yang berbasis video ini telah populer semenjak awal kehadirannya. Kepopuleran TikTok tidak terlepas dari penggunanya karena mengerti bagaimana cara membuat konten TikTok yang emosional.

TikTok terkenal dengan konten video pendek yang menguras emosi penontonnya. Baik emosi kesedihan, kebahagiaan, kemarahan, hingga konten humor yang banyak digandrungi peminatnya masing-masing. Maka tak heran jika kreator TikTok yang bisa membuat konten emosional memiliki lebih banyak pengikut.

Tips Cara Membuat Konten TikTok yang Menarik 

Tertarik untuk membuat konten yang mampu menguras emosi pembaca sekaligus FYP? Langsung saja, perhatikan beberapa langkah mudah di bawah ini :

1. Hindari Patokan Kuantitas 

Banyak yang mengatakan bahwa agar video bisa masuk pada FYP dan menjadikan lebih banyak orang melihat, cobalah membuat video sebanyak mungkin. Pendapat ini tidak sepenuhnya benar. Tapi juga tidak sepenuhnya salah. Karena yang terpenting bukanlah banyaknya video konten. Melainkan kualitas dari video tersebut.

Coba perhatikan beberapa video yang masuk FYP. Rata-rata pemilik akunnya tidak memiliki banyak video pada akun TikToknya. Sedikit tapi memiliki kualitas yang baik. Jadi cobalah untuk mengubah mindset. Bukan meningkatkan jumlah video. Tapi tingkatkan kualitas video. Baik dari segi tema, visualisasi, maupun pelajaran yang bisa bermanfaat bagi penonton.

2. Buat Video Pendek 

TikTok bukan seperti YouTube yang menyediakan durasi video panjang. TikTok adalah sosial media yang berbasis video pendek. Maka dari itu, buatlah video dengan durasi yang kurang dari satu menit. Jika membutuhkan durasi lebih dari satu menit, Anda bisa memotongnya menjadi beberapa postingan video yang saling terintegrasi.

Jangan lupa menyelipkan komponen emosional di dalamnya. Entah itu humor, kekesalan, kebahagiaan, kesedihan, kemarahan, atau emosi lainnya. Tujuannya adalah agar penonton mau menonton hingga selesai.

3. Menggunakan Sound yang Trending 

Pemakaian sound atau backsound berfungsi agar video yang Anda buat lebih berwarna dan power full. Sehingga mampu menarik minat penonton untuk melihatnya hingga selesai lalu membagikannya pada sosial media mereka.

Inilah alasan mengapa Anda perlu memilih sound yang sedang trending. Anda bisa mencarinya di discover atau di postingan pemilik akun TikTok lainnya. Tapi ingat! Meski sedang trending, pastikan video tersebut relevan dengan video yang Anda buat. Jangan sampai video tema sedih menggunakan beat sound yang rame.

4. Membuat Video yang Sedang Tren

Memiliki akun dengan ciri khas tersendiri memang akan membuat Anda lebih menonjol dan terlihat dibandingkan dengan pemilik akun TikTok lainnya. Tapi tidak ada salahnya jika mengolaborasikan antara video konten dengan ciri khas yang kamu miliki dengan yang sedang tren saat ini.

Kenapa? Karena audiens biasanya mencari video yang sedang menjadi tren saat ini. Dengan kolaborasi itu harapannya konten yang Anda buat akan diminati dan dilihat oleh lebih banyak orang lagi.

5. Membangun Engagement 

Dan ini adalah tips yang terakhir. Yaitu membangun engagement dengan penonton. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan. Tapi sebagian besar TikTokers sukses menggunakan pertanyaan pada akhir video. Seperti meminta pendapat audiens dengan kalimat, “bagaimana pendapat Anda?”

Dengan cara ini audiens akan terpancing untuk memberi komentar. Sehingga mampu meningkatkan interaksi antara Anda dengan audiens di kolom komentar.

Nah, itulah 5 cara membuat konten TikTok yang emosional dan FYP. Selain 5 cara di atas, masih ada cara lain yang bisa Anda lakukan. Tapi sebagian besar TikTokers sukses memberi tips dengan 5 cara di atas.

Leave a Reply