Tips SEO: Membuat Website Jadi Halaman 1 di Google

Sebagai pemilik bisnis, pastinya Anda ingin website bisnis yang sedang Anda jalankan terpampang di halaman 1 Google agar memudahkan calon customer untuk menggunakan produk atau jasa yang Anda tawarkan. Tips membuat website jadi halaman 1 di Google sangat erat kaitannya dengan optimasi SEO.

Optimasi SEO ini sangat bergantung dengan mesin pencari seperti Google, untuk itu Anda harus menggunakan teknik yang tepat dan Anda harus mempunyai mindset yang tepat mengenai algoritma mesin pencari. Karena jika Anda menggunakan teknik yang salah maka keyword yang Anda target akan sulit untuk dicari oleh calon customer.

Pengertian SEO

SEO atau Search Engine Optimization adalah sebuah teknik yang dilakukan agar website kita dapat muncul di peringkat teratas mesin pencari, sebenarnya teknik SEO tidak melulu di Google, tetapi juga bisa di Bing, Yandex, dan lain sebagainya.

Tujuan SEO

Strategi SEO harus benar-benar dimaksimalkan agar website bisnis Anda dapat muncul di 10 peringkat teratas Google. Karena pada dasarnya tujuan SEO sangat simple, yaitu supaya website bisnis Anda dapat lebih mudah ditemukan dan pastinya akan berdampak juga terhadap kepercayaan calon customer kepada jasa atau produk yang Anda tawarkan.

Semakin tinggi peringkat website yang Anda dapat di mesin pencari Google maka semakin banyak persentase pengunjung yang datang sehingga itu bisa Anda manfaatkan untuk menghasilkan penjualan.

Tips Membuat Website Jadi Halaman 1 Di Google

Ada banyak cara atau tips yang bisa Anda lakukan untuk membuat website jadi halaman 1 di Google, namun disini saya sudah meringkasnya khusus untuk Anda yang masih pemula di dalam dunia SEO namun ingin mengoptimasi website bisnis agar melesat. Berikut penjelasan selengkapnya.

1. Riset Kata Kunci

Tips SEO agar website Anda dapat berada di halaman 1 Google adalah dengan meriset kata kunci. Kata kunci merupakan sebuah kata atau kalimat yang diketikan oleh pengguna di mesin pencari saat ingin mencari sesuatu hal. Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai tips riset kata kunci sudah saya jelaskan dengan lengkap di artikel berjudul “Tips Mencari Keyword Yang Tepat Untuk SEO Agar Pengunjung Ramai”.

2. Membuat Konten yang Menarik dan Relevan

Sebenarnya konten yang dimaksud disini bisa berbentuk apa saja, namun salah satu konten yang paling penting pada sebuah website bisnis adalah artikel. Jika berbicara seputar konten artikel pastinya hubungannya sangat dekat dengan SEO. Namun, walaupun artikel yang dibuat harus sesuai dengan kaidah SEO, Anda juga harus memperhatikan kenyamanan pengguna, apakah pengunjung nyaman saat membaca artikel Anda atau tidak, karena jika artikel tidak menarik pastinya pengunjung akan cepat keluar dari website Anda.

Anda harus membuat judul yang menarik agar saat artikel Anda muncul di halaman atas Google, pengunjung tertarik untuk mengklik artikel Anda. Setelah judul yang menarik, Anda juga harus fokus pada paragraf pertama, karena paragraf pertama merupakan sekumpulan kalimat yang paling awal dibaca oleh pengunjung, agar lebih menarik Anda juga bisa menambahkan info grafis dan mengambil masalah yang sering terjadi seputar topik yang sedang dibahas.

Selain artikel harus menarik, Anda harus membuat artikel yang relevan dengan bisnis yang Anda tawarkan. Misal, Anda membuka jasa digital agency, maka Anda bisa membuat artikel seputar tips bisnis online atau artikel lain seputar marketing. Dengan membuat artikel yang relevan ini akan memberikan sinyal kepada Google jika Anda adalah seorang ahli dalam dunia bisnis yang sedang Anda jalankan, dan akan berpengaruh pula pada peringkat Anda di Google.

3. Mengoptimalkan Kecepatan Website

Saat mengunjungi sebuah website yang lemot pastinya kita sebagai pengunjung merasa kesal, karena saat kita sedang membutuhkan informasi cepat eh malah websitenya lemot. Nah, untuk itu kecepatan website sangat berpengaruh terhadap SEO, karena Google akan menampilkan website-website yang sering dikunjungi oleh pengunjung dalam waktu yang lama, jika website Anda lemot saat diakses bagaimana pengunjung akan bertahan lama, yang ada pengunjung langsung kabur, sehingga nilai bounce rate Anda akan meningkat tinggi yang menyebabkan nilai SEO Anda menjadi turun di mata Google.

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda harus menggunakan server hosting yang berkualitas serta memperhatikan tema dan desain website, agar website tidak lemot saaat dibuka.

4. Menggunakan SSL

SSL atau Secure Sockets Layer merupakan protokol keamanan yang digunakan untuk mengamankan transaksi hingga website di internet. Sebuah website bisnis harus menggunakan sertifikat SSL/TLS, karena ini akan mempengaruhi reputasi dari bisnis Anda. Dan menurut penelitian, ternyata penggunaan sertifikat SSL/TLS pada sebuah website mempunyai pengaruh yang cukup bayak terhadap SEO. Terutama jika pengguna menggunakan browser Google Chrome, jika sebuah website tidak dilengkapi dengan SSL maka akan muncul notifikasi keamanan dan pastinya pengunjung akan curiga dengan kualitas dari website tersebut. Untuk itu penggunaan SSL/TLS sangat penting sekali untuk Anda yang ingin website bisnisnya menjadi halaman 1 di Google.

5. Optimasi SEO Onpage

SEO Onpage merupakan sebuah teknik SEO untuk mengoptimalkan halaman website agar muncul di peringkat tertinggi Google. Optimasi SEO Onpage yang harus Anda lakukan agar website jadi halaman 1 Google adalah judul mengandung keyword, deskripsi artikel mengandung keyword, menggunakan keyword turunan, memasukkan kata atau kalimat yang relevan dengan keyword, penggunaan tag heading yang tepat, hingga mengoptimasi gambar.

6. Optimasi SEO Offpage

Selain mengoptimasi SEO Onpage, Anda juga harus melakukan optimasi pada bagian SEO Offpage. SEO Offpage merupakan sebuah teknik SEO untuk mengoptimalkan website dari luar. Mungkin Anda sering mendengar kata link building, nah link building tersebut lah yang harus Anda lakukan. Contoh link building yang bisa Anda lakukan adalah membuat backlink yang berkualitas. Selain link building, Anda juga bisa mendaftarkan website ke Google My Business dan melakukan brand mention di media besar.

7. Manfaatkan Media Sosial

Strategi lain yang bisa Anda manfaatkan untuk meningkatkan jumlah pengunjung adalah dengan memanfaatkan media sosial. Tentunya ini sangat berpengaruh untuk SEO, karena semakin banyak orang yang berkunjung ke website Anda maka Google akan menerima sinyal jika website Anda memang dibutuhkan oleh banyak orang. Anda bisa membagikan artikel menarik pada website Anda ke media sosial seperti Facebook, Twitter, dan lain sebagainya.

Itu dia beberapa tips SEO membuat website jadi halaman 1 di Google yang mudah untuk dilakukan siapa saja, terutama untuk Anda yang masih pemula. Pastinya Anda juga harus sabar, karena proses SEO merupakan proses yang cukup panjang, namun jika Anda sudah berhasil masuk ke halaman 1 di Google, pastinya omzet dan penjualan pada bisnis Anda akan terus berkembang, karena efek SEO yang tahan lama.

Leave a Reply