Tips Jualan Online di Whatsapp Agar Laris Manis

Ingin memanfaatkan media digital untuk mendapatkan penghasilan?

Media sosial yang semakin canggih di era yang serba internet saat ini, tentunya akan menghasilkan trobosan baru untuk mendapatkan uang dengan mudah. Berbagai macam media sosial yang dapat Anda manfaatkan secara gratis pun saat ini banyak bermunculan, salah satunya adalah whatsapp. Selain gratis, Whatsapp juga dapat digunakan untuk transaksi jual beli online. Media yang satu ini melakukan proses transaksi jual beli online dengan tipe chat commerce, salah satu tipe yang memanfaatkan pesan singkat untuk melakukan promosi dan transaksi produk dengan pelanggan. 

Banyak dari masyarakat memiliki statement bahwa whatsapp hanya digunakan untuk mengirim pesan tanpa memiliki kegunaan lain. Tentu saja statement mengenai penjelasan tersebut salah, Anda dapat memanfaatkan fitur yang telah disediakan oleh whatsapp dengan baik bukan hanya untuk mengirim pesan melainkan untuk jual beli online. Untuk mempromosikan beberapa barang jualan yang Anda miliki, tentunya Anda dapat menggunakan whatsapp story.

Tips Jualan Online di Whatsapp

Berjualan secara online tidak hanya sekedar mengandalkan niat awal, melainkan strategi juga sangat diperlukan agar tercapai sesuai dengan target yang diinginkan. Dan apabila Anda tidak tau tentang strategi tersebut, maka Anda dapat melihat ulasan di bawah mengenai beberapa tips dan trik berjualan melalui whatsapp. 

  • Menentukan Target Market

Menentukan target market sangat lah penting dan harus Anda lakukan terlebih dahulu sebelum memulai jualan secara online melalui whatsapp. Tahapan ini berguna untuk membidik para konsumen agar tertarik dengan produk yang Anda jual. Tidak hanya itu, menentukan target market juga dapat digunakan untuk penyesuaian antara produk yang akan dijual dengan konsumennya. Dengan contoh :

Misal Anda jualan produk pakaian remaja:

Maka, target marketnya adalah

  1. Wanita maupun pria
  2. Usia sekitar 13-21 tahun
  3. Tinggal di Indonesia
  4. Siswa maupun pekerja 
  5. Dan lain sebagainya
  • Memiliki Nomor Khusus Untuk Jualan

Penggunaan nomor khusus sebenarnya tidak terlalu penting. Namun, penggunaan nomor khusus sangat disarankan bagi Anda. Nomor ini berfungsi untuk membuat akun whatsapp yang dikhusus kan hanya untuk bisnis sehingga antara akun pribadi dengan akun bisnis tidak akan tercampur yang nantinya dapat membingungkan bagi Anda, sehingga akan berpengaruh dalam kinerja. 

Anda juga dapat menggunakan whatsapp business yang dirancang khusus untuk memudahkan dalam berjualan. Fitur yang terdapat pada whatsapp ini sangat lengkap mulai dari katalog, alamat, serta pesan otomatis yang dapat membantu Anda.

  • Perbanyak Kontak Pada Whatsapp

Perbanyak kontak pada whatsapp merupakan salah satu jembatan dari kunci keberhasilan dalam bisnis Anda. Semakin banyaknya kontak whatsapp, maka akan semakin banyak pula peluang laris yang akan Anda dapatkan. 

Mulailah dari sekarang untuk menyimpan nomor whatsapp dari target market yang telah Anda susun sebelumnya. Simpan nomor bukan hanya Anda yang akan melakukannya, melainkan orang yang telah Anda targetkan juga harus menyimpan nomor Anda. Hal ini bertujuan agar nantinya orang tersebut dapat melihat beberapa story yang telah dibuat mengenai produk yang sedang Anda pasarkan. Tidak hanya dapat melihat beberapa story yang dibuat, orang tersebut juga dapat menerima pesan broadcast yang Anda kirimkan.

  • Pembuatan Foto yang Menarik 

Buatlah foto produk yang dapat memikat hati para konsumen. Foto – foto tersebut dapat Anda gunakan untuk ditampilkan di beberapa bagian seperti profil, status, dan disebarkan melalui broadcast grup whatsapp yang di dalamnya terdapat calon konsumen.

Anda dapat membuat foto yang menarik dengan memanfaatkan smartphone yang memiliki fitur kamera yang mendukung, tidak harus menggunakan kamera seperti DSLR dengan harga yang cukup mahal. Selain kamera, Anda dapat memanfaatkan beberapa peralatan seperti tripod jika dibutuhkan. 

Di tahapan inilah skill Anda dalam berimajinasi akan dibutuhkan. Nantinya, Anda dapat melakukan beberapa eksperimen untuk menghasilkan sebuah karya yang sangat menakjubkan dengan cara posisikan kamera Anda sesuai dengan angle yang tepat. Pengambilan foto dapat disesuaikan dari setiap sisi dengan jarak yang tidak terlalu jauh agar detail produk dapat terlihat dengan jelas sehingga nantinya akan memiliki nilai jual yang tinggi. 

  • Membuat Konten Promosi yang Mengikuti Trend

Konten promosi tidak hanya dapat disajikan melalui gambar dan tulisan, tetapi juga dapat disajikan melalui video. Pembuatan konten promosi melalui video dapat memberikan informasi yang lebih detail, bahkan konsumen juga dapat melihat barang yang bergerak sehingga ketertarikan konsumen akan semakin meningkat. 

Anda dapat menambahkan musik serta background yang menarik agar tidak membosankan dan dapat menambah daya tarik konsumen. 

  • Mengatur Frekuensi Broadcast 

Semangat dalam mempromosikan beberapa produk merupakan hal yang wajar, namun apabila melakukan broadcast info produk dan promosi secara berlebihan tentunya akan membuat konsumen merasa terganggu. Jadi, lakukan broadcast info produk sewajarnya, misalnya pada saat ada potongan harga, produk baru, maupun promo lainnya.

  • Melakukan List Bulding

Pentingnya memiliki banyak nomor di whatsapp sudah dijelaskan sebelumnya yakni dengan banyaknya nomor akan memberikan peluang besar untuk laris. Dan untuk memaksimalkan hal tersebut, maka Anda dapat melakukan list bulding.

List bulding ini nantinya dapat digunakan untuk mencantumkan nomor whatsapp pada media sosial yang Anda miliki seperti instagram maupun facebook. Usahakan Anda benar benar mencantumkan nomor bukan link, sebab konsumen harus menyimpan nomor whatsapp sebagai kontak. 

  • Memulai Berjualan 

Setelah beberapa tips di atas telah Anda lakukan sesuai dengan ketentuannya. Maka tahapan yang harus Anda lakukan berikutnya adalah mulai berjualan. Namun, sebelum memulai berjualan Anda harus menyiapkan beberapa produk yang akan Anda jual dengan serapih mungkin. Rapih disini memiliki makna bahwa produk yang Anda jual dalam keadaan yang masih bagus tanpa ada lecet sedikit pun, dengan cara memperhatikan secara teliti pada setiap sisinya. Tidak hanya kondisi dari produknya, Anda juga harus memperhatikan pengemasannya. Untuk pengemasannya sendiri Anda dapat memilih jenis pengemasan yang tahan banting dan aman.

Lalu, bagaimana jika Anda belum memiliki produk? Tentunya Anda dapat mencari produknya terlebih dahulu dan sesuaikan dengan target market yang telah dibuat, serta posisikan produk apa yang nantinya akan cocok bagi konsumen. 

  • Membuat Grup Diskusi

Sebagai seorang pelaku usaha tentu saja Anda pastinya memiliki banyak teman dengan nomor yang telah tersimpan pada akun whatsapp Anda. Dengan begitu Anda dapat memanfaatkan kesempatan tersebut untuk membuat sebuah grup diskusi yang bertujuan untuk sharing satu sama lain.  

Itu dia beberapa tips jualan online di Whatsapp yang dapat Anda lakukan. Matangkan strategi niatkan hati, maka usaha akan berjalan dengan lancar. Berilah kenyamanan bagi para konsumen dan senantiasa mereka akan merekomendasikan produk yang Anda jual kepada orang lain. Selain itu, Anda juga harus cepat tangkap dalam menerima informasi baru dengan segala  perkembangan teknologi yang berkembang dengan pesat.

Leave a Reply