SEO On Page Adalah Optimasi Dari Dalam, Ini 6 Langkahnya

SEO on page adalah cara mengoptimasi dari dalam website itu sendiri. Banyak yang menyebutnya dengan istilah SEO on site. Caranya dengan mengoptimalkan meta deskripsi, URL, referensi link, tag judul, pada sebuah konten yang relevan dan berkualitas tinggi.

 

Selain bertujuan meningkatkan ranking website, SEO on page juga bertujuan untuk memastikan bahwa website juga memiliki kepercayaan, otoritas, serta tingkat keahlian yang tinggi. Sehingga mampu meningkatkan citra bisnis dan perusahaan baik secara online maupun offline.

 

 Cara Optimasi SEO On Page Adalah

Perlu menjadi perhatian bahwa SEO on page sangat bergantung pada algoritma google. Sering berganti sesuai dengan perkembangan dan pergantian algoritma google. Namun secara umum, cara optimasi SEO on page adalah sebagai berikut :

 

1. Membuat Konten yang Berkualitas

Apa itu konten yang berkualitas? Yaitu konten orisinil yang tersusun dengan materi yang berbobot dan bahasa yang mudah memahaminya. Dan karena sumbernya kredibel, maka semua informasi yang tertulis bisa dipercaya.

Untuk bisa mendapatkan konten yang berkualitas, pastikan tidak menduplikasi dari situs lain. Atau menulisnya dengan tool menulis artikel otomatis yang banyak tersedia. Tulislah seolah-olah Anda memang ahli di bidangnya. Dengan bahasa yang lugas, tegas, dan informatif.

 

2. Membuat Judul yang Menarik

Judul yang menarik adalah umpan yang bisa Anda gunakan untuk mengajak pengunjung membuka link situs. Judul juga membantu google untuk memahami halaman pada website Anda.

Maka tulislah judul dengan singkat, padat, dan mengandung kata kunci di dalamnya. Usahakan panjang judul jangan lebih dari 60 karakter. Jangan lupa menambahkan meta title untuk membantu pengunjung dan robot indexing memahami isi artikel secara keseluruhan dari judul yang Anda berikan.

 

3. Menambahkan Meta Deskripsi

Meta deskripsi adalah penjelasan singkat terkait isi artikel secara keseluruhan. Panjangnya tidak lebih dari 140 karakter dengan ada sisipan kata kunci di dalamnya.

Meta deskripsi letaknya di bawah meta title atau judul artikel di halaman mesin pencarian. Tujuannya adalah untuk membantu pembaca memahami rangkuman artikel sekaligus menarik mereka untuk membuka linknya.

 

4. Gunakan Heading dan Sub Heading

Google selalu mencoba memberikan user experience yang menarik kepada pengguna. Salah satu caranya adalah meletakkan artikel berkualitas yang tidak sulit membacanya di halaman pertama. Yaitu artikel yang menggunakan heading dan sub heading. Karena lebih ramah pembaca dan tentu akan mudah memahaminya.

Agar situs Anda terpilih untuk crawler meletakkannya di halaman pertama, jangan lupakan menambahkan heading dan sub heading. Pada tiap artikel yang dipublikasikan.

 

5. URL Singkat dan Deskriptif

Ini adalah poin yang tidak boleh disepelekan. Yaitu penggunaan URL yang singkat dan deskriptif. Tujuannya adalah membantu pengunjung membaca, mengingat, dan menemukan artikel yang menjadi tujuannya.

Misalkan ingin membuat halaman website yang berisi tentang “toko baju remaja”. Anda bisa membuat URL “domain.com/toko-baju-remaja”. Singkat, jelas, padat, dan mudah diingat. URL seperti inilah yang lebih disukai crawler dibanding yang bertele-tele tapi tidak jelas.

 

6. Referensi Link

Ketika Anda menulis artikel, ada kalanya mengambil dari sumber link lain. Tidak ada salahnya memasukkan sumber link ini dalam artikel konten. Tujuannya adalah untuk meningkatkan reputasi dan kredibilitas website. Baik di depan audiens maupun di depan mesin crawler.

 

Itulah 6 cara mudah mengoptimasi website dengan SEO On Page. Selalu ingat bahwa SEO on page adalah usaha optimasi yang bisa Anda usahakan paling optimal. Karena areanya masih dalam ranah website Anda sendiri. Jadi selalu usahakan yang terbaik dan usaha paling maksimal.

 

 

 

Leave a Reply