SEO Off Page Untuk Optimasi Website dari Luar, Ini 5 langkahnya

Kalau SEO on page adalah cara mengoptimasi website dari dalam website itu sendiri. Sedangkan SEO off page adalah kebalikannya. Mengoptimasi website dari luar. Tujuannya adalah menaikkan reputasi, membangun kepercayaan, dan menjaga eksistensi website di mesin pencarian.

SEO off page banyak juga yang menyebutnya dengan SEO off site. Tidak berhubungan dengan kata kunci. Melainkan faktor-faktor lain di luar website.

 

Langkah SEO Off Page

Meski di luar website, bukan berarti Anda tidak bisa menjangkaunya. Berikut beberapa langkah SEO off site yang bisa dilakukan :

 

1. Promosikan Website di Sosial Media

Mendapatkan traffic tidak hanya dari mesin pencarian saja. Anda juga bisa mendapatkan kunjungan dari media sosial. Cara yang bisa Anda lakukan adalah mempromosikan website di media sosial.

Letakkan link pada postingan media sosial. Dengan judul dan visualisasi gambar yang menarik, akan ada audiens yang membuka link tersebut. Cara ini juga yang sering dilakukan oleh website yang memiliki authority tinggi. Mempromosikan halaman di media sosial marketing yang mereka miliki.

Tak hanya itu saja. Anda juga bisa bergabung dan mengikuti beberapa diskusi dengan group sosial media yang sesuai dengan niche. Lalu sesekali posting laman website pada sebuah diskusi yang cukup ramai.

 

2. Lakukan Guest Blogging

Guest blogging adalah menulis konten artikel di blog orang lain yang sesuai dengan niche website Anda. Lalu menyertakan link website Anda pada postingan tersebut. Ini merupakan salah satu cara membangun link building. Tujuannya adalah meningkatkan reputasi website di mesin pencarian.

Agar guest blogging yang Anda lakukan berhasil, tulislah artikel yang berkualitas tinggi. Karena jika audiens tertarik dengan tulisan tersebut, biasanya mereka akan bersedia membuka link website yang Anda sertakan.

 

3. Meninggalkan Komentar di Blog Lain

Selain menjadi guest blogging, Anda juga bisa berkomentar pada postingan blog yang relevan dengan niche website Anda. Banyak yang melakukan cara ini untuk meningkatkan reputasi website mereka pada niche yang relevan. Tidak hanya berkomentar saja. Tapi juga menuliskan testimoni terkait produk tertentu.

Untuk menghindari komentar yang dianggap spam, Anda harus memastikan bahwa komentar memang relevan dengan isi artikel. Jangan lupa memasang gravatar pada profil yang Anda gunakan dan jangan meninggalkan link apapun pada komentar.

 

4. Dapatkan Review Positif

Google Quality Rater mengatakan bahwa bisnis yang banyak mendapat testimoni positif adalah bisnis yang memiliki reputasi baik. Dimanapun audiens memberikan testimoni tersebut. Baik di situs review seperti di Go-Food, GrabFood, Zomato, Traveloka, Yelp, TripAdvisor, ataupun di Google Bisnisku.

Inilah cara yang bisa Anda lakukan untuk membangun SEO off site. Yaitu mendapatkan testimoni positif dari pelanggan. Semakin banyak testimoni positif, maka ranking website bisa semakin baik. Jadi selalu usahakan agar pelanggan mau memberi testimoni yang baik.

 

5. Mendapatkan Backlink dari Seed Sites

Seed sites adalah website yang telah mendapat kepercayaan google karena memiliki track record yang baik. Seperti portal berita, Wikipedia, atau website dengan domain .EDU dan .GOV.

Dengan mendapatkan backlink dari website-website seperti ini, otoritas dan reputasi website Anda akan sangat melejit. Sehingga mampu meningkatkan ranking pada mesin pencarian. Karena google akan menganggap istimewa situs Anda.

Lalu, bagaimana cara mendapatkan backlink dari seed sites ini? Sayangnya, untuk mendapatkan backlink dari beberapa situs ini tidak mudah. Anda harus membuat artikel yang berkualitas tinggi.

 

Nah, itulah 5 cara melakukan SEO off page. Terdapat cara lain selain yang tersebut di atas bisa Anda lakukan. Namun hanya 5 cara di atas yang paling menjadi rekomendasi para ahli SEO.

Leave a Reply