Link Building Untuk SEO Off Page, Ini 5 Langkah Terbaiknya

Secara sederhana, yang menjadi definisi link building adalah langkah membangun tautan atau mendapatkan tautan dari website lain. Ini merupakan salah satu langkah dalam SEO. Tujuannya untuk memperkuat kedudukan situs di search engine results page.

Awalnya para pemilik website atau SEO spesialis melakukan trik menyebar tautan ini dengan cara berkomentar di postingan situs lain. Namun akhirnya google tidak lagi memasukkan tautan dari cara ini ke dalam algoritmanya. Karena menyebar link secara acak hanya menghasilkan kualitas tautan yang tidak natural dan meragukan.

 

Cara Melakukan Link Building yang Aman

Tidak semua penerapan link building aman. Berikut beberapa cara meletakkan tautan sesuai dengan algoritma* yang google perbolehkan :

 

1. Memperhatikan Kualitas Website Referensi

Cara yang masih google perbolehkan untuk membangun link adalah menanamkan link website lain pada situs yang Anda miliki. Tapi bukan sembarang website. Melainkan website yang memiliki authority tinggi dan memiliki banyak konten yang berkualitas.

Untuk bisa melihat apakah website tersebut berkualitas atau tidak bisa Anda lihat dari tema konten yang sudah ada dan interaksi di dalamnya. Semakin banyak pengunjung yang berinteraksi pada kolom komentar, semakin baik kualitas konten yang mereka buat.

Selain itu, Anda juga bisa masuk pada website komunitas yang membahas tema yang sama. Ikutilah diskusi yang sedang berlangsung dan tinggalkan link situs Anda pada forum diskusi online tersebut.

 

2. Pastikan Topik Relevan

Anda perlu mengetahui bahwa google menggunakan algoritma relevansi antara website, tema, dan link. Maka dari itu pilihlah topik atau tema konten dan website yang relevan.

Misalnya website Anda adalah toko online yang menjual perlengkapan bayi. Contoh website dan konten referensi yang relevan adalah yang berhubungan dengan parenting, mom and kids, atau komunitas ibu rumah tangga.

Jangan memasang link pada website lain yang tidak relevan. Seperti tema teknologi, wisata, arsitektur dan website yang tidak ada relevansi lainnya.

 

3. Traffic Natural

Selain memastikan bahwa website referensi memang memiliki authority yang tinggi, pastikan juga memilih traffic yang natural. Karena google akan melakukan pengecekan dan monitoring. Apakah traffic datang dari visitors dan view yang valid atau tidak.

 

4. Menjadi Guest Blogging

Untuk mendapatkan link yang berkualitas, Anda tidak hanya berfikir bagaimana membuat konten yang berkualitas untuk website sendiri. Tapi juga untuk website orang lain. Banyak yang menyebutnya dengan istilah guest blogging.

Guest blogging merupakan salah satu cara membangun tautan yang cukup ampuh. Caranya adalah dengan menawarkan diri menjadi penulis tamu** di blog orang lain. Lalu tautkan link tulisan Anda di blog orang lain ke website Anda sendiri.

Tidak semua website bisa menjadi sasaran guest blogging. Karena jika situs tidak relevan dengan tema atau niche website Anda sendiri, maka tidak ada pengaruhnya untuk optimalisasi SEO. Jadi pastikan mencari blog yang relevan agar optimasi bisa lebih maksimal.

Jangan lupa juga untuk membalas semua komentar yang masuk pada website sendiri. Karena salah satu elemen penilaian google adalah website yang ada banyak interaksi di dalamnya.

 

5. Bekerja Sama dengan Influencer

Cara kerja sama ini sangat mudah. Cukup lakukan wawancara dengan influencer yang sesuai dengan niche website. Tulis hasil wawancara pada blog. Dan bagikan link artikel tersebut pada sosial media influencer. Biasanya mereka akan senang hati mempromosikan website Anda di akun sosial medianya.

Itulah 5 cara aman membangun link building. Meski mungkin tidak mudah, namun banyak SEO spesialis yang menyarankan untuk melakukan langkah tersebut. Karena merupakan langkah SEO off page yang menguntungkan website Anda.

Leave a Reply