Keamanan Siber Adalah Faktor SEO yang Penting, Ini 5 Cara Melakukannya

Meski memudahkan, teknologi tetap menyimpan risiko yang siapapun tidak bisa menyepelekan. Salah satunya adalah risiko hacker jahat yang mengancam keamanan siber.

Biasanya mereka menyasar website dengan authority yang tinggi, terpercaya, dan memberi potensi keuntungan secara finansial. Seperti website milik pemerintah, perusahaan besar yang telah memiliki nama, perbankan, serta lembaga keuangan lainnya. Inilah alasan mengapa faktor keamanan situs harus menjadi perhatian utama.

Cara Meningkatkan Keamanan Siber

Tanpa keamanan siber yang baik, teknik SEO apapun yang Anda terapkan akan percuma. Karena tidak hanya keamanan website saja yang terancam. Tapi juga keamanan data diri setiap visitors yang mengunjungi website Anda.

Agar itu tidak terjadi, berikut beberapa cara melindungi website dari serangan hacker :

 

1. Backup Data Sesering Mungkin

Cara pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan membackup data sesering mungkin. Memang terlihat sepele. Namun backup data tidak hanya mengamankan data dari serangan hacker. Tapi juga dari berbagai bencana alam yang bisa menghancurkan berbagai hardware ataupun software.

Salah satu layanan yang bisa Anda manfaatkan adalah acronis cloud backup. Yaitu layanan backup data yang menggunakan sistim berlangganan. Terbukti aman, bisa menyesuaikan skala untuk sistim apapun termasuk data, dimanapun dan kapanpun.

 

2. Gunakan Firewall

Selain membackup data secara berkala, tidak ada salahnya menggunakan aplikasi firewall*. Aplikasi ini mampu memblokir serangan hacker dalam bentuk apapun. Cara kerjanya adalah membaca setiap bit data yang melewatinya.

Tak hanya itu saja. Firewall juga mampu membaca IP address website lain. Dan langsung memblokirnya secara otomatis jika terindikasi membawa bahaya bagi website Anda. Sehingga dapat melindungi situs dari serangan website lain yang merugikan.

 

3. Menggunakan SSL

Hacker akan kesulitan membobol website yang telah terlindungi oleh secure socket layer atau SSL. Cara kerjanya adalah dengan menerapkan protokol yang sudah terenkripsi. Untuk melakukan transfer informasi antara database dan website.

Selain mampu melindungi data, SSL juga bisa Anda gunakan untuk meningkatkan kredibilitas website. Membuat kepercayaan pengunjung pada website menjadi lebih baik.

 

4. Selalu Update Aplikasi dan Software

Salah satu alasan developer mengupdate aplikasi atau software adalah menambahkan fitur keamanannya. Inilah alasan mengapa software atau aplikasi yang jarang update berpotensi menjadi sasaran virus, malware dan serangan hacker lainnya.

Sehingga dapat berakibat menginfeksi berbagai data yang ada di dalam perangkat. Termasuk database website yang ada di dalamnya.

Agar ini tidak terjadi, jangan lupa untuk mengupdate aplikasi atau software secara berkala. Untuk meminimalisir serangan virus, malware, dan serangan hacker pada perangkat keras yang menjadi sarana menjalankan website.

 

5. Memilih Jasa Penyedia Jasa Hosting yang Kredibel

Selain beberapa cara di atas, ada satu cara yang mana pemilik website manapun tidak boleh menyepelekannya. Yaitu memilih penyedia layanan hosting yang profesional dan kredibel. Yang memberi jaminan keamanan data dan website dari sasaran serangan hacker.

Jangan tergiur dengan harga yang terlalu murah. Karena harga yang murah biasanya mengabaikan sisi keamanan website.

Pilihlah layanan hosting yang menyediakan layanan cloud hosting. Teknologi cloud hosting memiliki keamanan yang sangat baik** untuk website dengan berbagai keperluan. Seperti website untuk toko online, pemerintahan, perbankan, dan lain sebagainya.

Itulah 5 cara menjaga keamanan siber. Selain cara di atas, masih ada cara lain yang bisa Anda gunakan. Namun hanya 5 cara tersebutlah yang paling disarankan oleh para webmaster dan SEO spesialis untuk melindungi website dari sasaran serangan hacker.

Leave a Reply