Kata-kata Buat Caption Untuk Berbagai Konten, Ini 5 Contohnya

Caption text atau kata-kata caption adalah tulisan singkat yang biasanya digunakan sebagai pelengkap gambar atau video. Meski hanya sebagai pelengkap, tapi sebagian besar digital marketer mengatakan bahwa caption sangat penting untuk mempertegas sebuah gambar atau video.

Banyak yang mengatakan bahwa caption adalah seni. Seni untuk mengolah kata agar audiens mau melakukan apa yang Anda inginkan. Tidak semua orang bisa membuat caption yang sesuai. Jika Anda salah satunya, tidak perlu khawatir. Karena pada artikel ini akan membahas lengkap terkait cara membuat caption sesuai dengan tujuan pembuatan konten.

Cara Membuat Kata-kata Caption 

Setiap konten memiliki tujuan yang berbeda. Dan setiap tujuan memiliki cara penulisan caption yang berbeda pula. Langsung saja, berikut beberapa kata-kata buat caption untuk berbagai jenis postingan :

1. Caption Untuk Brand Awareness 

Konten untuk tujuan meningkatkan brand awareness pembuatannya menggunakan jenis tulisan soft selling*. Yaitu caption yang tidak secara langsung mengajak audiens untuk membeli produk atau layanan yang tersedia. Melainkan usaha agar kesadaran audiens terkait brand tersebut meningkat.

Anda bisa memanfaatkan berbagai quotes dari beberapa tokoh terkemuka dunia. Tapi boleh saja menggunakan kalimat sendiri. Apakah akan menggunakan kalimat bijak, humor, atau kalimat santai, terserah Anda. Hanya memastikan audiens akan mengingat brand Anda ketika mencari produk yang relevan.

Contoh caption untuk produk skin care : “Beauty Skin, skin care ibu pejabat dengan harga merakyat”

2. Caption Untuk Edukasi 

Caption edukasi adalah caption yang memiliki tujuan untuk memberi edukasi tertentu terkait produk. Sering juga berfungsi sebagai pelengkap pada iklan layanan masyarakat oleh pemerintah. Biasanya advertiser mengemas iklan dalam bentuk video edukatif. Caption hanya sebagai pelengkapnya agar iklan lebih menonjol.

Contoh caption edukasi untuk iklan layanan masyarakat : “Kami Polisi, bekerja dengan bakti, mengabdi sepenuh hati, melayani tanpa kata nanti”

3. Caption Untuk Mengumpulkan Data Base dari Giveaway 

Data base seperti nomor WA dan alamat email sering diperlukan untuk marketing secara berkelanjutan. Anda bisa memancing audiens untuk memberikan nomor WA atau alamat email yang masih aktif dengan menulis konten giveaway.

Contoh caption edukasi untuk konten giveaway : “Gratis ‘ebook dapat omset 1 milyar dalam satu bulan pertama jualan’ seharga 500 ribu hanya dengan mengisi data ini.”

4. Caption Untuk Penjualan 

Yang dimaksud caption untuk penjualan adalah caption konten hard selling untuk meningkatkan penjualan. Atau menaikkan omset dengan cepat. Jika membandingkannya dengan ketiga caption konten di atas, caption ini memang terkesan lebih agresif. Karena memang tujuannya untuk melejitkan omset.

Contoh caption untuk penjualan :

“Sudah 1000+ yang merasakan manfaat herbal ini. Sekarang waktunya Anda mengikuti cara sehat mereka dengan merasakannya sendiri.”

“Kapan lagi bisa mendapat harga diskon plus-plus kalau bukan sekarang. Plus cashbacknya, plus bebas ongkirnya. Jadikan belanja hemat hanya dengan memasukkan dalam keranjang hari ini juga.”

5. Caption Untuk Storytelling Soft Selling 

Apa itu soft selling? Yaitu strategi penjualan yang dilakukan secara tidak langsung dengan cara menyentuh hati dan fikiran target market. Agar target market merasa tidak sedang menjadi sasaran penjualan.

Contoh caption storytelling soft selling : “Entah berapa kali gonta-ganti skin care. Kulit bukannya halus tapi malah tambah bruntus. Beruntung aku menemukan skin care yang harganya murah tapi kualitasnya tidak murahan. Alhasil, wajahku terlihat lebih kencang, halus, dan hilang tanda-tanda penuaan dini”

Itulah 5 contoh kata-kata caption yang bisa Anda gunakan sebagai pelengkap konten. Itu hanya sebatas contoh saja. Anda bisa berkreasi dengan berbagai olahan kata yang sesuai dengan tujuan.

Leave a Reply