Cara Menjadi Dropshipper Sukses dengan 5 Langkah Berikut Ini

Dropshipper adalah pihak yang berperan penting dalam pemasaran internet. Mereka menjadi penghubung antara produsen dengan konsumen akhir. Dropshipper juga sering menjadi pilihan banyak pebisnis pemula karena cara kerjanya yang mudah tanpa perlu banyak modal. Oleh karena itulah mengapa informasi tentang cara menjadi dropshipper sukses selalu banyak yang mencarinya.

Cara kerja dropshipper tidak sulit. Cukup tawarkan produk pada konsumen tanpa harus melakukan stok barang dan pengiriman. Ketika ada yang memesan, pihak dropshipper bisa langsung menghubungi reseller atau produsen untuk mengirim barang ke konsumen.

 

Cara Menjadi Dropshipper

Meski terlihat mudah, namun dalam realitanya menjadi dropshipper tidak semudah yang orang bayangkan. Ada banyak masalah yang harus Anda hadapi. Mulai dari produk yang ternyata tidak sesuai ekspektasi hingga pengiriman yang terlalu lama.

Jika Anda tertarik menjalani bisnis ini, berikut beberapa cara menjadi dropshipper dengan risiko yang minim :

 

1. Menentukan Produk yang Akan dijual 

Hal pertama yang harus Anda pahami adalah tentukan dulu mau menjual produk apa. Ini berkaitan dengan networking yang Anda miliki. Misalkan Anda adalah seorang ibu rumah tangga yang kesehariannya adalah mengantar anak ke sekolah atau bergaul dengan beberapa ibu rumah tangga di komplek perumahan. Tentunya mereka bisa jadi target market paling potensial.

2. Mencari Supplier

Setelah menentukan produk peralatan rumah tangga, langkah selanjutnya adalah mencari supplier yang tepat. Banyak supplier produk rumah tangga yang bisa Anda temukan. Namun sayangnya, tidak semua bisa diandalkan.

Alih-alih bisa sukses bisnis dropshipper. Memilih supplier yang kurang profesional justru akan merusak citra Anda sebagai pedagang online. Agar tidak salah memilih, berikut beberapa ciri supplier atau produsen yang layak untuk diajak kerjasama :

  • Terpercaya
  • Harga yang Sesuai
  • Produk Banyak dicari Pasar
  • Kecepatan Respon
  • Ketersediaan Stok
  • Sistim yang Mudah

 

3. Membuat Toko Online 

Setelah menemukan supplier yang sesuai, cara menjadi dropshipper selanjutnya adalah membuat toko online. Ada banyak yang bisa Anda lakukan untuk membuat toko online. Seperti membangun website toko online, membuat toko di e-commerce, membuat sosial media, membuat WA marketing, dan lain sebagainya. Semakin banyak platform* yang Anda gunakan, semakin tinggi omset yang bisa Anda dapatkan. Karena audiens mudah untuk menemukannya. Bila anda memiliki budget terbatas namun banyak waktu anda dapat belajar membuat toko online disini.

 

4. Melakukan Analisis Pasar dan Kompetitor

Kenali bagaimana cara bisnis pesaing Anda. Sesekali tidak ada salahnya membuka beberapa toko online mereka. Lihat bagaimana mereka melakukan promosi, barang apa saja yang mereka jual, apakah harga yang barangnya di atas harga toko online Anda atau di bawahnya, dan analisis lainnya.

Data ini bisa Anda gunakan untuk melihat apa kelebihan toko online Anda. Jika ternyata toko online yang Anda kelola belum memiliki kelebihan ketimbang toko lain, cobalah menciptakan kelebihan sendiri. Kira-kira bisa membuat untuk menarik perhatian audiens pada toko tersebut.

 

5. Mengoptimalkan Penjualan 

Dan ini adalah cara menjadi dropshipper yang terakhir. Setelah melakukan semua hal di atas, langkah yang harus terus konsisten Anda lakukan adalah mengoptimalkan penjualan. Dengan cara membuat konten.

Fungsi utama konten adalah meningkatkan leads. Karena leads yang tinggi akan berdampak pada penjualan** yang tinggi pula. Sesuaikan konten dengan target market.

 

Toko Online yang Merekrut Dropshipper 

Ada beberapa toko online di Indonesia yang membuka program reseller dan dropshipper. Seperti :

 

1. Dropshipaja.com 

Dropshipaja.com adalah salah satu toko online yang melayani produk custom. Dengan pengerjaan yang cepat. Antara 3 hingga 5 hari saja, tergantung dari jumlah pesanan. Kelebihan platform ini jika membandingkannya dengan yang lain adalah menawarkan keuntungan yang lebih besar. Antara 30% hingga 50% untuk setiap produknya.

Selain itu, Dropshipaja.com juga memberikan dukungan kepada mitra dropship atau resellernya. Yaitu dengan cara pembinaan terkait pemasaran secara berkala. Tentang bagaimana cara meningkatkan omset dan mengikat customer secara online.

 

2. Dusdusan.com 

Jika mencari toko online yang menyediakan produk rumah tangga eksklusif dan komunitas reseller seluruh Indonesia, Dusdusan.com adalah solusinya. Karena sebagian besar resellernya adalah ibu rumah tangga dan karyawan yang mencari bisnis sambilan.

Tidak hanya bisa berjualan dengan brand dusdusan. Reseller juga bisa berjualan dengan menggunakan brand sendiri tanpa menggunakan nama dusdusan.

Tertarik? Anda hanya perlu membayar biaya pendaftaran sebesar 150 ribu untuk setahun. Terlebih ini sudah termasuk biaya edukasi pemasaran dan akses katalog pada websitenya.

 

3. Hazastore.com

Jika mencari supplier toko online khusus produk islami, hazastore.com adalah solusinya. Seperti baju muslim, baju anak muslim, produk edukasi muslim, dan lain sebagainya. E-commerce yang memiliki basis di Surabaya ini memberikan free ongkir untuk reseller dan dropshippernya.

Ada beberapa paket kemitraan yang bisa Anda pilih. Mulai dari harga 195 ribu hingga 875 ribu. Harga ini cukup sepadan dengan keuntungan bergabung bersama toko online ini.

 

4. Evermos

Platform yang membantu para dropshipper/ reseller memudahkan jualan online ini memiliki berbagai macam produk dari fashion hingga alat rumah tangga. Berbagai brand berkualitas telah bergabung ke dalam Evermos. Anda tinggal berjualan saja. Lebih dari 20 ribu orang sudah bergabung ke dalam platform ini. Untuk mendaftarkan diri ke Evermos tidak diperlukan biaya, namun bila anda ingin mendapatkan fasilitas lengkap seperti Starter Kit, metode pembayaran COD untuk pembeli, maka anda bisa memilih menjadi anggota premium dengan membayar biaya Rp 300,000. Bila anda berminat bisa langsung ke TKP.

 

5. Jakartagrosir.com 

Anda suka berjualan produk fashion? Tidak ada salahnya menjadi dropshipper dari Jakartagrosir.com. Di sini ada banyak produk fashion yang bisa Anda jual dengan kualitas terbaik yang banyak dicari pembeli. Seperti tas, baju, sepatu, sandal, dan lain sebagainya.

Selain produk yang laku keras, Anda juga bisa mendapat keuntungan yang lumayan. Antara 30% hingga 100% dari harga jual. Tidak hanya cocok untuk usaha sampingan saja. Namun juga bisa menjadi andalan sebagai penghasilan utama.

 

6. Cakning 

Dari namanya saja, Anda sudah pasti tahu toko online ini dari mana. Iya, tepat sekali. Cakning adalah toko online dari Sidoarjo Jawa Timur. Toko online ini didirikan oleh para korban lumpur Lapindo. Sudah ada lebih dari 4.000 produk yang dijual di sana.

Untuk bisa menjadi dropshipper tidaklah mudah. Anda akan dikenakan biaya 100 ribu. Namun ini sebanding dengan keuntungan jualan produk Cakning yang akan Anda dapatkan.

 

7. Bandros.co.id 

Kelebihan toko online Bandros ini adalah pada produk yang menjadi jualannya UMKM. Dengan kata lain, Bandros ini adalah jembatan antara UMKM dengan pembeli.

Anda bisa menjadi dropshipper di Bandros ini hanya dengan 75 ribu saja. Tentu saja harga ini sangat murah jika melihat potensi keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari penjualan dari produk UMKM di Bandros ini.

Nah, itulah beberapa cara menjadi dropshipper yang mudah. Meski hanya sekedar dropshipper, tapi kalau melakukannya dengan totalitas, hasilnya juga luar biasa. Apalagi jika bergabung menjadi reseller atau dropshipper toko online yang aktif. Selain mendapat untung, juga bisa memberi Anda ilmu jualan. Pada akhirnya akan berguna saat membuka bisnis sendiri nantinya.

Selamat mencoba.

Leave a Reply