Cara Meningkatkan Traffic Website Paling Ampuh dengan 4 Langkah Ini

Cara meningkatkan traffic website adalah bahasan yang sering dicari oleh digital marketer. Karena traffic berbanding lurus dengan jumlah penjualan. Semakin tinggi traffic, semakin tinggi pula penjualannya.

Secara sederhana, yang dinamakan traffic adalah orang yang mengunjungi website toko online untuk berbagai kepentingan. Hanya sekedar melihat konten atau ingin membeli produk atau layanan yang ditawarkan. 

Fungsi lalu lintas atau traffic adalah mengajak orang atau audiens melihat iklan yang akan mengarahkan mereka pada destinasi akhir. Yaitu menekan tombol call to action untuk melakukan pembelian, mendownload e-book atau aplikasi, menjadi member komunitas tertentu, dan lain sebagainya.

Ada banyak cara meningkatkan traffic website. Seperti menggunakan cara berbayar, SEO, influencer, dan sosial media. Bagaimana cara yang dilakukan pada masing-masing platform ini? Kita akan membahas selengkapnya di sini.

 

Cara Meningkatkan Traffic Website dengan Berbayar

Iklan berbayar adalah cara instan untuk meningkatkan traffic website. Tapi tentu saja harus disertai dengan budget iklan yang besar. Maka tak heran jika iklan berbayar hanya dilakukan oleh mereka yang memiliki keuangan bisnis yang baik.

Ada beberapa platform yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan traffic website. Antara lain :

 

1. Facebook Ads

Dilansir dari katadata.co.id, pengguna Facebook di Indonesia mencapai 129,85 juta jiwa per Januari 2022. Ini berarti sosial media buatan Mark Zuckerberg ini layak untuk dijadikan platform untuk memasang iklan berbayar.

Anda bisa memasang iklan dengan menampilkan landing page website. Lalu tetapkan target market sesuai dengan produk dan layanan yang Anda iklankan. Jangan lupa  tulis copy writing atau konten yang sesuai dengan minat target market. 

Anda bisa menentukan biaya iklan sesuai dengan budget. Tapi semakin besar biaya iklan yang Anda keluarkan, maka semakin banyak target market yang bisa melihat iklan tersebut.

 

2. Instagram Ads

Sama seperti Facebook, Instagram juga media sosial yang menyediakan iklan berbayar. Dilansir dari dataindonesia.id, jumlah pengguna instagram di Indonesia mencapai 99,9 juta pada April 2022. Ini bisa dijadikan media kampanye iklan agar lebih banyak lagi traffic yang masuk pada website.

Selain itu, biaya iklan juga sangat terjangkau. Hanya dengan mulai 25 ribu per hari, Anda sudah bisa iklan dengan menyertakan landing page di Instagram Ads. Sama seperti facebook, gunakan konten yang menarik dan pilih target market potensial. Agar lebih banyak lagi audiens yang membuka link landing page website.

 

3. Google Ads 

Bagi Anda yang menargetkan traffic lokal, Google Ads adalah platform iklan berbayar paling potensial. Dengan menggunakan Google Ads, website Anda akan masuk pada halaman pertama tanpa harus menggunakan cara SEO yang membutuhkan waktu lama. 

Google Ads ini cukup efektif. Mengingat pengguna internet di Indonesia dan dunia lebih memilih google dibandingkan dengan search engine lainnya. Dan 75% pengunjung google lebih memilih membuka website di halaman pertama mesin pencarian. 

Pastikan menggunakan kata kunci yang tepat agar biaya iklan yang Anda keluarkan lebih efektif. 

 

4. TikTok Ads

TikTok Ads adalah cara meningkatkan traffic website berbayar yang cukup efektif juga. Mengingat jumlah pengguna aplikasi berbasis video di Indonesia mencapai 99,1 juta jiwa dengan rata-rata penggunaan sebanyak 23,1 jam tiap bulan. 

Karena TikTok adalah aplikasi sosial media berbasis video, pastikan Anda membuat video yang unik dan menarik. Jangan lupa menambahkan kata kunci yang sesuai. Agar audiens percaya bahwa video tersebut memang sesuai yang mereka inginkan.

Cara Meningkatkan Traffic Website dengan SEO

SEO atau search engine optimization adalah cara meningkatkan traffic website dengan menguasai halaman pertama mesin pencarian. Hampir sama dengan Google Ads. Bedanya, kalau google Ads menggunakan iklan berbayar, sedangkan SEO tidak. Jadi sangat disarankan bagi Anda yang tidak memiliki budget iklan.

Selain itu, jika google Ads adalah cara instan untuk posisi halaman pertama, sedangkan SEO adalah cara yang bertahap. Dibutuhkan waktu setidaknya 3 hingga 6 bulan dengan usaha yang konsisten. Hingga akhirnya bisa berada di halaman pertama google.

Ada 3 hal penting yang harus diperhatikan dalam SEO. Antara lain :

 

1. SEO On Page

Adalah cara mengoptimasi SEO yang dilakukan dari dalam website itu sendiri. Cara yang dilakukan adalah mulai dari mencari kata kunci yang sesuai, membuat artikel yang berkualitas dengan menambahkan beberapa link internal. Untuk mempermudah pengunjung pindah dari satu halaman ke halaman berikutnya.

 

2. SEO Off Page

Jika SEO on page adalah cara optimasi yang dilakukan dari dalam website sendiri, SEO off page adalah optimasi yang dilakukan dari luar. Dengan cara membangun link building. Mendapat backlink dari beberapa website dengan authority yang tinggi.

Cara ini dilakukan untuk memberi kepercayaan pada google bahwa website Anda memiliki kualitas yang baik. Sehingga layak untuk disarankan kepada audiens dengan cara menempatkan pada halaman pertama.

 

3. Technical SEO

Merupakan cara optimasi yang dilakukan dengan berbagai aspek teknis website dan tidak ada hubungannya dengan kata kunci. Seperti mempercepat loading website, mempermudah navigasi, membuat website dengan desain yang unik, dan lain sebagainya.

Meski tidak ada hubungannya dengan keyword, namun technical website sangat menentukan keberhasilan SEO on page dan off page. Jadi pastikan Anda melakukannya dengan maksimal.

 

Cara Meningkatkan Traffic Website dengan Influencer

Ternyata influencer tidak hanya untuk sosial media saja. Ada juga influencer yang bisa diajak kerja sama untuk meningkatkan traffic website. Cara kerja mereka sederhana. Dengan cara mereview beberapa halaman dari blog. Mengulasnya menggunakan sosial media mereka sendiri dengan mencantumkan link halaman website Anda.

Meski jasa seperti ini jarang dilakukan, tidak ada salahnya untuk mencoba. Bisa jadi ini adalah alternatif agar traffic website bisa meningkat lebih cepat.

 

Cara Meningkatkan Traffic Website dengan Media Sosial

Dan cara meningkatkan traffic website yang terakhir adalah dengan menggunakan sosial media. Langkah ini dilakukan untuk menambah pengunjung dari follower media sosial Anda.

Caranya sangat mudah. Posting link website dengan judul dan gambar yang menarik. Jangan lupa tambahkan caption dengan sedikit sentuhan copy writing. Tujuannya adalah agar followers merasa penasaran dan membuka tautan yang Anda bagikan.

Tidak cukup hanya memposting saja. Usahakan untuk berinteraksi dengan audiens yang menulis di kolom komentar. Apapun komentar mereka, pastikan membalasnya dengan cara yang sopan dan menarik. Agar mereka merasa betah dan akan melakukan hal yang sama ketika Anda mengunggah postingan link website.

Cara ini banyak dilakukan oleh media sosial portal berita. Seperti Detik, Kompas, Tribunnews, dan lain sebagainya. Dan faktanya, cara ini memang terbukti dengan banyaknya traffic yang datang dari sosial media.

Bagaimana? Ternyata cara meningkatkan traffic website tidak sesulit yang dibayangkan, bukan? Anda bisa memilih menggunakan salah satu cara di atas atas menggunakan semuanya. Yang pasti, semakin banyak langkah yang dilakukan, hasilnya juga akan semakin maksimal.

Leave a Reply