Cara Mencari Supplier Tangan Pertama dengan 7 Langkah Ini

Salah satu cara mendapat keuntungan bisnis yang lebih besar adalah dengan menemukan supplier yang tepat. Yaitu yang menjual dengan harga paling murah tanpa mengurangi kualitas. Inilah mengapa Anda perlu mengetahui cara mencari supplier tangan pertama.

Kenapa tangan pertama? Karena masih menggunakan harga produsen. Harga paling rendah daripada importir, distributor, atau bahkan reseller. Mencari supplier dari produsen langsung memang tidak mudah. Tapi kita akan membahas selengkapnya di sini. Bagaimana menemukan supplier yang tepat agar keuntungan bisa lebih besar.

 

Cara Mencari Supplier Tangan Pertama 

Tertarik mencari supplier dengan harga paling rendah? Di bawah ini beberapa langkah yang dapat Anda pakai :

 

1. Melakukan Pencarian Secara Online

Cara mencari supplier dari tangan pertama bisa Anda lakukan secara online. Dengan cara mengunjungi official website* atau sosial media produsen. Di dalam website ada beberapa katalog produk yang bisa Anda pilih. Lengkap dengan informasi spesifikasi dan harganya. Ada juga company profile perusahaan yang bisa Anda baca untuk mengenal perusahaan secara sekilas.

 

2. Mencari Melalui Marketplace

Bagi pebisnis online seperti Anda pasti telah paham. Bahwa marketplace adalah tempat penjualan produk berkualitas dengan harga murah. Di marketplace ini tidak hanya ada reseller saja. Tapi juga ada distributor hingga produsen tangan pertama. Anda bisa memilih barang sesuai dengan harga dan spesifikasinya.

 

3. Melalui LinkedIn 

Cara mencari supplier dari tangan pertama di LinkedIn tidaklah sulit. Cukup tulis pada postingan. Produk apa yang Anda cari lengkap dengan spesifikasi dan kisaran harganya. Jika ada anggota lain yang menjual barang tersebut, mereka pasti akan menghubungi Anda. Baik lewat komentar atau private message.

Bagi sebagian orang cara ini cukup efektif. Karena Anda akan bertemu dengan pemilik bisnis secara langsung. Lebih mudah melakukan negosiasi atau hal lain yang bisa mempercepat proses kerja sama.

 

4. Melalui Komunitas Online 

Selain bergabung di LinkedIn, Anda juga bisa bergabung bersama komunitas online. Seperti freelancer, Kaskus, bersosial.com, dan komunitas online lainnya. Anggota komunitas biasanya bebas berdiskusi tentang apapun. Baik tema-tema yang masih hangat hingga yang telah usang.

Anda bisa menulis postingan terkait produk yang sedang dicari. Tak perlu menunggu lama. Akan ada banyak anggota yang memberi informasi. Bahkan tidak menutup kemungkinan akan bertemu dengan produsen tangan pertama.

 

5. Melalui Website Pembanding 

Website pembanding adalah website yang menyediakan informasi perbandingan antara toko online satu dengan toko online lainnya. Atau satu website dengan website lainnya untuk barang yang sama. Ini juga bisa Anda lakukan sebagai cara mencari supplier dari tangan pertama. Mencari harga terbaik dari produk terbaik.

Ada beberapa website pembanding yang bisa Anda kunjungi. Seperti pricebook.com, priceprice.com, priceeza.co.ic, pricearea.com, telunjuk.com, dan lain sebagainya. Pilih produk yang sesuai dengan kebutuhan dan harga yang tertera.

 

6. Melalui Tools 

Cara mencari supplier dari tangan pertama selanjutnya adalah dengan menggunakan tool pencarian supplier. Ada beberapa tool pencarian supplier yang bisa Anda pilih. Seperti :

• Supplier Search 

Salah satu tool yang bisa Anda gunakan adalah “Suplier Search”. Tool ini memudahkan mencari toko online paling potensial di marketplace.

Tool ini mendukung riset supplier di 3 marketplace besar yang. Seperti Shopee, Tokopedia, dan Bukalapak. Dengan tool ini Anda bisa menemukan produk paling laris agar mudah dijual kembali.

 

• Mr. Hands 

Awalnya, developer membuat tool ini untuk kepentingan scrape produk pada beberapa marketplace. Seperti Blibli, Bukalapak, Lazada, Tokopedia, dan Shopee. Namun seiring dengan kepopuleran tool ini, akhirnya developer memberikan fitur tambahan. Yaitu fitur riset produk.

Fitur ini memungkinkan user untuk melihat produk mana yang paling laris di marketplace. Sehingga bisa memberikan inspirasi untuk menjual produk tersebut agar bisa laku keras.

Tool Mr Hands ini memiliki 2 versi. Yaitu versi gratis dan berbayar. Meski berbayar, namun tetap ramah di kantong.

 

• Dropshipkit

Sama seperti Mr Hands, aplikasi ini awalnya bertujuan untuk melakukan scrape pada suplier di beberapa marketplace. Namun ada juga penambahan fitur riset produk. Dimana kamu bisa melihat produk apa saja yang laris di beberapa marketplace.

Kelebihan tool Dropshipkit ketimbang tool lainnya adalah mampu memantau stok dari supplier yang Anda scrape. Tertarik? Ada versi gratis dan berbayar. Versi gratis memiliki fitur yang terbatas. Sedangkan versi berbayar bisa berlangganan sesuai dengan kemampuan keuangan.

 

• Dimia 

Selain bisa untuk melakukan riset kata kunci untuk SEO, tool ini juga bisa bermanfaat untuk mencari produk terlaris pada marketplace. Cara penggunaannya juga mudah. Tinggal ketikkan nama produk yang Anda tuju. Hasilnya akan muncul produk tersebut di 2 marketplace terlaris.

Selain fitur tersebut, ada pula fitur pendukung lainnya. Seperti saran untuk menjual di marketplace yang mana, jumlah kompetitor, melakukan riset kata kunci, daftar traffic kompetitor, daftar backlink kompetitor, dan lain sebagainya.

Sehingga produk Anda bisa berada di halaman pertama pencarian marketplace dengan kata kunci yang tepat.

 

• Shopix 

Bagi Anda pengguna aplikasi shopee, tidak ada salahnya mencoba tool ini. Aplikasi ini berfungsi untuk mencari kata kunci lengkap dengan informasi lainnya. Seperti volume pencarian tiap bulan, estimasi biaya per klik, dan skor relevance.

Dengan aplikasi ini, Anda bisa menemukan kata kunci yang tepat untuk produk yang dijual di Shopee. Sehingga toko bisa berada di halaman pertama dan mudah di temukan pengunjung saat mereka melakukan pencarian produk.

 

Tips Memilih Supplier Terpercaya

Jika Anda mencari secara online, berikut beberapa tips agar terhindar dari penipuan :

 

1. Alamat dan Kontak yang Jelas 

Meski bisa melakukan transaksi secara online, pastikan mereka memiliki kontak dan alamat yang jelas. Anda bisa bertanya lewat admin dan mengunjungi kantor atau pabriknya secara langsung. Jangan bekerja sama dengan supplier yang tidak memiliki kantor yang jelas.

 

2. Adanya Feedback yang Baik dari Seller 

Respon feedback yang baik menunjukkan kualitas toko** atau produsen. Jangan memilih seller yang malas memberi penjelasan. Itu menandakan bahwa mereka kurang serius dalam menanggapi konsumen. Jika tetap memilih mereka, Anda sendiri yang akan menanggung kerugian karena lamanya pelayanan.

 

3. Kondisi Barang dan Ketersediaan Produk 

Pastikan toko memiliki ketersediaan barang yang bisa melakukan pengiriman kapanpun dengan jumlah berapapun. Selain itu, Anda juga harus memastikan spesifikasi barang sesuai dengan kebutuhan. Karena bisa jadi harga murah namun spesifikasinya tidak sesuai dengan yang Anda harapkan.

Jangan lupa bertanya mengenai berapa lama pengiriman barang setelah melakukan order. Karena semakin cepat pengiriman akan semakin baik.

Demikian beberapa informasi terkait cara mencari supplier tangan pertama. Lengkap dengan tips mencari toko agar terhindar dari penipuan. Jika Anda merasa informasi tersebut bermanfaat, bisa membagikannya di sosial media untuk berbagi kebaikan pada pebisnis lain.

Leave a Reply