Cara Membuat Konten YouTube yang Menjual, Ini 5 Tips Mudahnya

Berminat sukses mendulang uang dari YouTube? Sebaiknya ketahui terlebih dahulu cara membuat konten YouTube yang baik dan menjual.

Membuat konten video yang menjual dan bisa dimonetisasi bukanlah hal yang mudah. Tapi juga bukan hal yang sulit. Dari penuturan beberapa YouTuber sukses, konten yang baik tidak hanya mengandalkan genre yang sesuai saja. Tapi juga yang mampu menarik perhatian audiens sehingga mampu mengumpulkan 4.000 jam tayang dan 1.000 subscriber.

Cara Membuat Konten YouTube yang Menjual 

Untuk bisa mendapat penonton yang loyal, ketahui cara membuat konten YouTube berikut ini :

1. Punya Rasa Percaya Diri 

Bagi Anda yang ingin membuat konten dengan berbicara di depan kamera, hal pertama yang harus Anda kuasai adalah percaya diri bicara di depan kamera. Maka dari itu, Anda harus melatih diri bagaimana bicara di depan kamera tanpa rasa malu, kaku, atau bahkan terbata-bata.

Sebelum membuat konten, cobalah untuk berlatih berbicara di depan cermin. Perhatikan mimik dan artikulasinya. Latih perlahan-lahan hingga akhirnya Anda bisa menguasai kamera dan tampil dengan cara yang natural.

2. Memperhatikan Kualitas 

Salah satu faktor penentu banyak tidaknya penonton adalah kualitas video yang baik. Maka dari itu, pertimbangkan menggunakan perangkat yang berkualitas. Seperti kamera DSLR atau kamera pocket.

Jika tidak memilikinya, bisa menggunakan kamera smartphone dengan resolusi yang tinggi. Karena sebaik apapun konsep konten yang Anda hasilkan, tapi kalau gambarnya kurang jelas, hasilnya juga tidak akan maksimal.

3. Maksimalkan Editing 

Jangan asal langsung meng-upload begitu saja video yang telah Anda hasilkan. Perlu editing untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Potong beberapa bagian video dengan jeda yang terlalu panjang. Sehingga video lebih padat dan singkat.

Tak hanya itu saja. Anda juga bisa menambah backsound, effect, color grading atau effect lainnya agar video tidak terlihat sepi dan lebih hidup. Anda bisa mencoba belajar editing dari beberapa artikel atau video tutorial yang banyak bertebaran di internet. Bisa juga menggunakan tool atau aplikasi editing gratis yang banyak tersedia di kanal online.

4. Mempelajari SEO 

SEO atau search engine optimization adalah serangkaian cara yang bisa Anda lakukan untuk menguasai halaman pertama mesin pencarian secara organik. Tujuannya adalah agar lebih mudah menemukan kanal YouTube Anda dan mendapat traffic dengan cepat dan mudah.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Salah satunya adalah membuat judul yang menarik. Yaitu judul yang membuat banyak orang penasaran untuk membukanya tapi bukan dengan kesan clickbait.

Selain judul, cara lain yang bisa Anda lakukan untuk memaksimalkan SEO adalah dengan cara memaksimalkan thumbnail. Thumbnail merupakan cover atau foto yang ada di video. Buatlah thumbnail yang membuat orang penasaran untuk membukanya. Seperti memaksimalkan teks, warna, atau potongan video yang bisa Anda masukkan dalam thumbnail.

5. Waktunya Monetisasi

Dan ini adalah langkah terakhir agar Anda bisa mendapatkan uang dati channel YouTube yang Anda kelola. Yaitu menyediakan space iklan bagi advertiser yang ingin memasang iklan di channel Anda. Semakin banyak iklan yang masuk, semakin banyak pula pendapatan yang akan diterima.

Jangan lupa untuk mempromosikan video dan mencari pengunjung sebanyak-banyaknya. Karena semakin banyak pengunjung, semakin banyak pula permintaan advertiser untuk memasang iklan pada channel YouTube Anda.

Nah, itulah cara membuat konten YouTube yang lebih menjual dan mendatangkan lebih banyak traffic. Semoga bisa membantu Anda yang ingin membangun karier menjadi YouTuber sukses seperti YouTubers lainnya.

Leave a Reply