Inilah Kekurangan dan Kelebihan Menyewa Hosting Luar dan Dalam Negeri.

Pilih sewa hosting luar negeri atau dalam negeri? Pasti bingung. Hehehe. Ada baiknya menyimak penjelasan dibawah ini agar anda mudah memutuskan yang mana yang akan anda sewa. 

Jenis-Jenis Hosting

Hosting juga memiliki beberapa jenis yang wajib diketahui oleh pemilik bisnis seperti ibu rumah tangga atau freelancer. Memang hosting ini hanya ditujukan bagi mereka yang ingin menjalankan sebuah bisnis secara online. Lantas apa saja jenis-jenis dari hosting tersebut? Berikut merupakan penjelasan lengkap mengenai jenis-jenis hosting:

1.Shared Hosting

Jenis dari hosting ini ada yang dinamakan shared hosting dan sangat populer sehingga sering digunakan oleh para pemilik bisnis. Memang jenis shared hosting merupakan salah satu saran yang wajib dicoba jika ingin mempublikasikan sesuatu. Meskipun masih tergolong baru, namun shared hosting ini memiliki kualitas yang terbaik.

Bukan hanya itu saja, shared hosting ini juga tidak memiliki traffic dalam jumlah yang cukup banyak sehingga nyaman digunakan. Harga dari jenis hosting ini pun cukup murah dan tentunya sesuai dengan kantong. Namun ketika menggunakan shared hosting, pengguna diwajibkan untuk berbagi server dengan orang lain karena memiliki pengaruh pada website.

2.Cloud Based Hosting

Nah, ada juga jenis cloud based hosting yang juga termasuk sebagai jenis hosting yang cukup baru dan memiliki banyak keunggulan. Bagaimana tidak, cloud based hosting ini merupakan salah satu terobosan yang dapat menjangkau kurang lebih ratusan server. Dimana server tersebut yang nantinya diajak untuk bekerja sama untuk menjalankan bisnis.

Memang akan terlihat satu server raksasa jika seseorang menggunakan jenis cloud based hosting yang satu ini. Bukan hanya termasuk jenis hosting yang baru namun juga menjadi incaran oleh banyak orang karena keunggulan yang dimiliki. Jenis hosting ini pun tidak akan mudah mengalami down ketika server tersebut digunakan sehingga tidak berpengaruh.

3.VPS Hosting

VPS hosting atau singkatan dari Virtual Private Server hosting yang juga menjadi incaran para pebisnis selain cloud based hosting. Jenis hosting yang satu ini juga memiliki banyak keunggulan yang dapat diberikan kepada pengguna nantinya. Itulah mengapa VPS hosting ini menjadi primadona atau banyak diincar oleh pemilik bisnis.

Salah satu keunggulan yang dimiliki dari VPS hosting adalah pengguna nantinya bisa mendapat space server. Dimana space server ini merupakan kapasitas server dalam jumlah yang besar dengan tawaran harga yang cukup murah. Selain itu, jika ada peningkatan traffic yang tinggi tentu tidak menjadi pengaruh yang besar untuk web pengguna.

4.WordPress Hosting

Ada juga WordPress hosting yang dapat difungsikan pengguna secara khusus dan merupakan jenis lain dari shared hosting. WordPress hosting memiliki keunggulan sehingga seseorang menggunakannya seperti memberikan layanan kepada pengguna. Dimana layanan yang diberikan ini bertujuan untuk memperbarui instalan yang dilakukan pengguna.

Instalasi yang dimaksud adalah instalasi WordPress yang nantinya dapat digunakan agar bisa membantu dalam melindungi web pengguna. Memang kerap terjadi dengan adanya ancaman terkait keamanan dari peretas dalam website pengguna. Menariknya lagi karena jenis hosting yang satu ini sangat cocok digunakan oleh para pebisnis yang masih dalam tingkatan pemula.

 

Kelebihan dan Kekurangan Menyewa Hosting Luar Negeri

Perlu diketahui bahwa hosting ini ada di luar maupun dalam negeri sehingga seseorang tidak sulit apabila ingi menyewanya. Akan tetapi kedua hal ini masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan yang wajib untuk diketahui. Maka dari itu, berikut paparan lengkap terkait kelebihan dan kekurangan apabila kamu menyewa hosting luar negeri:

1.Harga Lebih Murah

Seperti yang telah dipaparkan sebelumnya bahwa untuk menggunakan hosting memang harus disewa terlebih dahulu. Memang menyewa hosting banyak dilakukan oleh para pebisnis seperti karyawan maupun ibu rumah tanggar. Akan tetapi ada juga hosting yang berasal dari luar negeri yang nantinya dapat disewa dan memiliki beberapa kelebihan.

Harga yang ditawarkan pada saat sewa hosting luar negeri memang lebih terjangkau dan lebih murah sesuai kantong. Jika dibandingkan dengan hosting yang berasal dari dalam negeri, hosting ini sangat banyak digunakan. Jangka waktu pemakaiannya pun cukup lama sehingga seseorang tidak perlu sering melakukan sewa apabila ingin mempublikasikan sesuatu.

2.Kualitas Sedang

Dengan kata lain bahwa kualitas yang dimiliki jika menggunakan hosting luar negeri ini biasa saja sesuai dengan harganya. Karena memang harga yang ditawarkan cukup murah dibanding dengan hosting yang ada di dalam negeri.

Meskipun kualitas yang diberikan masih tergolong sedang, namun hal tersebut tidak menjadi pengaruh bagi seseorang menggunakan hosting ini. Karena memang seseorang menggunakan hosting melihat dari segi harga murah yang ditawarkan. Olehnya itu, banyak pengguna hosting lebih memilih menggunakan hosting dari luar negeri tersebut untuk kebutuhan website online.

3.Server Yang Banyak

Mengenai masalah server tentu menjadi pengaruh yang besar untuk meningkatkan website yang dimiliki dan populer. Kelebihan yang dimiliki hosting yang berasal dari luar negeri ini memang sangat bagus karena server tetap lancar dan stabil. Sedikit informasi bahwa server dapat dikatakan sebagai website lain yang nantinya diajak untuk bekerja sama.

Namun sedikit banyaknya server juga tergantung dari jenis hosting yang digunakan oleh pengguna website tersebut. Karena memang ada jenis hosting yang menawarkan pengguna dengan keunggulan memiliki banyak server. Sehingga produk yang ditawarkan dan dipublikasikan bisa dikenal oleh masyarakat yang mengunjungi website tersebut.

4.Sistem Pembayaran Cukup Rumit

Meskipun harga yang ditawarkan untuk menggunakan hosting ini cukup murah, namun siapa sangka jika proses pembayarannya cukup rumit. Bagaimana tidak, sistem pembayaran yang harus dilakukan oleh pengguna nantinya menggunakan pihak ketiga. Dimana pihak ketiga yang dimaksud dalam hal ini adalah aplikasi untuk mengirim uang atau transfer uang.

Adapun aplikasi yang dapat digunakan seperti aplikasi Paypal dan aplikasi ini bisa didapatkan di PlayStore. Karena memang aplikasi tersebut terlebih dahulu harus di download pada smartphone yang dimiliki. Selain itu, harus juga menggunakan koneksi internet yang stabil untuk mengirim uang sebagai pembayaran apabila menggunakan hosting yang berasal dari luar negeri.

5.Menggunakan Bahasa Asing

Kelemahan yang dimiliki dari hosting ini terletak pada jenis bahasa yang digunakan, dimana jenis bahasanya adalah bahasa asing. Memang bahasa yang digunakan tergantung dari negara sebagai asal dari hosting tersebut dibuat atau diciptakan. Sehingga tidak semua orang atau pengguna mengetahui bahasa tersebut utamanya orang yang berasal dari negara Indonesia.

Dengan penggunaan bahasa yang berasal dari luar negeri ini, tentu membuat pengguna sangat sulit apabila ingin menggunakannya. Karena seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa tidak semua orang mengetahui atau mahir dalam berbahasa asing. Memang segi bahasa menjadi pengaruh yang besar untuk sebuah website hosting yang akan digunakan oleh pemilik usaha bisnis.

6.Server Lancar dan Stabil

Biasanya server pada hosting ini kerap kali mengalami masalah atau gangguan yang disebabkan sesuatu hal. Akan tetapi apabila menyewa hosting yang berasal dari luar negeri tentu hal tersebut dapat diatasi. Mengapa demikian? Karena server yang ditawarkan pada hosting tersebut sangat lancar dan stabil sehingga tidak akan mengalami masalah.

Memang server yang lancar dan stabil juga dibutuhkan oleh pengguna ketika menggunakan hosting untuk keperluan web yang dimiliki. Gangguan yang dialami server membuat pengguna tidak nyaman saat memakainya hosting yang disewa. Selain itu, server ini memang memiliki pengaruh yang besar untuk website yang akan dipublikasikan melalui hosting tersebut.

7.Pengurusan Pihak Ketiga Sulit

Seperti yang dibahas sebelumnya bahwa sistem transaksi yang dilakukan untuk membayar uang sewa hosting ini memang rumit. Mengapa ditakatan rumit? Karena pengguna harus menggunakan pihak ketiga untuk mengirim uang tersebut. Namun ternyata pengurusan pihak ketiga seperti Paypal juga cukup rumit dan tidak mudah dilakukan sendiri oleh pengguna.

Apalagi jika pengguna tersebut belum berpengalaman dalam pengurusan Paypal yang akan digunakan untuk transaksi. Memang aplikasi tersebut tidak seperti dengan aplikasi transaksi yang lain, dimana penggunaannya cukup mudah. Oleh karena itu, hal ini yang membuat pengguna merasa malas untuk menggunakan hosting yang berasal dari luar negeri.

 

Kelebihan dan Kekurangan Hosting Dalam Negeri

Bukan hanya hosting luar negeri yang tersedia, namun juga ada hosting yang berasal dari dalam negeri atau Indonesia. Dimana hosting ini pun memiliki banyak kelebihan maupun kekurangan yang wajib untuk diketahui. Apa saja kelebihan dan kekurangan yang dimiliki? Berikut merupakan paparan lengkap mengenai kelebihan dan kekurangan menyewa hosting dalam negeri:

1.Sistem Transaksi Mudah

Kelebihan yang dimiliki apabila menggunakan hosting yang berasal dari dalam negeri tersebut adalah sistem transaksi yang mudah. Memang kelebihan yang dimiliki ini merupakan kebalikan dari sistem transaksi yang dilakukan pada saat sewa hosting dari luar negeri. Dimana pengguna hanya perlu melakukan transaksi tanpa menggunakan pihak ketiga.

Pengguna bisa melakukan transaksi melalui ATM atau rekening yang dimiliki dan prosesnya tidak membutuhkan waktu lama. Memang sangat memudahkan bukan jika kamu menggunakan hosting yang berasal dari dalam negeri. Produk lokal memang sangat bagus digunakan dibandingkan dengan produk yang berasal dari luar untuk keperluan website.

2.Bahasa Mudah Dipahami

Bahasa yang dimiliki pada jenis hosting tersebut memang sangat mudah dipahami karena menggunakan bahasa Indonesia. Sehingga pengguna seperti ibu rumah tangga tidak kesulitan apabila hosting ini disewa terkait masalah bahasa. Meskipun banyak pilihan bahasa yang nantinya dapat dijadikan pilihan oleh pengguna yang berasal dari luar maupun dalam negeri.

Bahkan hosting yang berasal dari dalam negeri atau dikatakan sebagai hosting lokal dapat digunakan dengan cara yang mudah. Karena petunjuk yang diberikan tidak membuat pengguna bingung sehingga mahir untuk menggunakannya. Biasanya juga hosting yang berasal dari dalam negeri ini banyak digunakan oleh karyawan, freelancer, dan lain sebagainya.

3.Mudah Untuk Berkonsutasi

Nah, masalah konsultasi yang dilakukan oleh pengguna memang sangat wajib sebelum menggunakan hosting. Apa yang biasanya menjadi bahan konsultasi pengguna? Bahan konsultasi pengguna seperti harga yang ditawarkan untuk melakukan sewa. Dimana pengguna biasanya melakukan penawaran apabila harga tersebut dianggap cukup mahal atau tinggi.

Selain itu, proses diskusi maupun konsultasi dengan pemilik hosting bisa saja tidak berlangsung lama. Hal tersebut dikarenakan bahasa yang digunakan memang bahasa Indonesia dan merupakan bahasa persatuan di negara tersebut. Maka dari itu, pengguna tidak perlu lagi untuk menerjemahkan bahasa yang terdapat pada layanan hosting yang disewa nantinya.

4.Harga Yang Lebih Mahal

Terkait masalah harga yang ditawarkan oleh pemilik hosting memang cukup mahal dibanding hosting yang berasal dari luar negeri. Harganya memang hampir tidak sesuai dengan kualitas yang diberikan oleh hosting yang disewa ini. Tingginya harga yang ditawarkan oleh pemilik hosting memang dipengaruhi oleh beberapa hal dan tentunya jarang diketahui masyarakat.

Alasan yang membuat pemilik hosting memberikan harga yang mahal ini karena memiliki peminat yang masih sangat kurang. Memang jika dibandingkan dengan peminat untuk hosting yang berasal dari luar negeri tentu lebih banyak karena memberikan harga murah. Meskipun begitu, masih ada pengguna yang menggunakan hosting ini untuk keperluan website yang dimiliki.

5.Informasinya Mudah Didapatkan

Apabila ingin menyewa jasa layanan hosting yang berasal dari dalam negeri memang cukup mudah dilakukan. Bagaimana tidak, informasi terkait hosting lokal sangat banyak di internet sehingga memudahkan pengguna saat mencarinya. Spesifikasi dari hosting lokal juga dirangkum pada informasi yang telah disajikan melalui internet pada web tertentu untuk pengguna.

Memang spesifikasi atau kelebihan yang dimiliki dari layanan ini akan disajikan agar pengguna tertarik menyewanya. Meskipun memiliki beberapa kelebihan yang dimiliki, namun hal tersebut tidak menjadi pengaruh yang besar. Selain itu, dengan menggunakan hosting dapat membuat pengguna lebih mudah dan dapat dilakukan di mana pun dan kapan pun.

6.Kualitas Yang Masih Sedang

Dibandingkan dengan kualitas yang diberikan oleh hosting yang berasal dari luar negeri memang hampir sama. Memang kualitas yang dimiliki hosting lokal  ini pun masih dapat dikatakan sedang dan terkait harganya tentu belum sesuai. Biasanya setiap hosting lokal hanya memberikan beberapa fitur untuk digunakan seperti mesin pencarian yang cukup banyak.

Selain itu, layanan hosting ini sangat sesuai dengan kebutuhan website yang dibutuhkan oleh pengguna nantinya. Selain itu, pemberian pelayanan untuk pengguna juga dapat dikatakan sangat cepat sehingga pengguna tidak membutuhkan waktu yang lama. Ada juga kualitas cloud yang dapat dinikmati oleh pengguna dimana memiliki banyak jumlah server.

7.Memiliki Garansi

Siapa sangka jika layanan hosting juga memiliki garansi yang dapat dirasakan oleh pengguna nantinya. Dimana garansi ini memiliki pengaruh yang baik apabila hosting tersebut digunakan namun mengalami masalah. Memang garansi atau jaminan ini yang membuat pengguna lebih percaya untuk menggunaan hosting yang berasal dari dalam negeri ini.

Garansi ini merupakan sebuah jaminan seperti jaminan uang kembali apabila layanan dari hosting ini bermasalah. Hal ini yang menjadikan pengguna lebih percaya untuk menggunakan layanan tersebut karena memiliki kualitas yang baik. Selain itu, pengguna juga lebih percaya apabila harga yang ditawarkan tidak mahal karena memiliki kualitas yang bagus dibanding lainnya.

Itulah beberapa penjelasan singkat terkai dengena kelebihan dan kekurangan menyewa hosting yang berasal dari luar dan dalam negeri. Memang banyak kelebihan dan kekurangan masing-masing layanan untuk memenuhi kebutuhan website. Perbedaan yang sangat mendasar terletak pada segi harga dan kualitas yang diberikan oleh layanan tersebut.

Leave a Reply